ANAK GADIS PARIAMAN KORBAN PERDAGANGAN PEREMPUAN (1)

Standar
UANKringgggggggg, HP ku berbunyi lagi… “Sialan…” aku mengumpat, karena hari ini begitu banyak yang MISCAL… padahal aku lagi sibuk banget nyiapin sesuatu… (biasalah… lagi nyiapin lamaran untuknyari kerjaaannnnn, kan aku juga mau kaya). Kringgggggggggggg, kringgggggggggggggggg, tapi kali ini tidak berhenti, dan aku yakin bahwa ini telpon kali ini serius……”Hallo, ini bang Imoe?”, baru aku angkat dan belum sempat menyapa, suara cewek disebarang ternyata lebih dahulu menyerobot. “O ya… Ini Tika ya… apa kabar, ada yang bisa dibantu….” aku berbasa-basi sedikit, ternyata TIKA dari Pusat Kajian dan Perlindungan Anak. Basa-basi aku hentikan segera, karena tak enak, karena di interlokal… dan aku sudah bisa menduga, pasti ini kasus lagi….>

“Bang, ini ada kasus lagi, ada anak gadis usia 16 tahun yang ditemukan warga di Sunggal medan dalam keadaan acak-acakan, mengalami trauma berat dan hasil visum meperlihatkan VAGINANYA mengalami KERUSAKAN serius… praduga kami, dia itu korban Traficking….”

“Terus, gimana Tik, apa yang bisa di bantu….”
“Iya bang, begini, si anak sudah satu minggu berada di shelter kami, dan kami sudah mulai menkonselingi dia, tapi akibat trauma berat, dia memberikan keterangan yang berubah-ubah…”

“Keterangan yang konsisten apa Tik,… aku mulai tak sabaran…”
“Nah, itulah bang, kami mau minta bantu ke abang, jangan-jangan anak ini berasal dari Sumbar, karena dialek minangnya sangat kental. dia nyebut-nyebut pariaman, suku piliang, nyebut-nyebut rel kereta dan stasiun. Terus, dia juga kadang-kadang ngamuk kalau menceritakan di di pegang laki-laki, di paksa buka celana dan di himpit…., begitu bang…”

“Terus, perkembangan di Medan gimana ?”
“Ya, kami sudah publikasi di koran posmetro medan, siapa tahu ada yang kehilangan anak… tapi ternyata setelah satu minggu publikasi ndak ada yang merasa kehilangan…, jadi kami minta bantu teman-teman di Padang untuk mengidentifikasi keluarganya…”

“Ok, Tika, segera, kami lakukan, tapi kirimkan foto dan kronologis lengkapnya ya…, via e-mail aja biar bisa di downlowd malam ini juga…”
“OK bang, Tika usahainnn….”

Sampai jam 12 malam, aku menunggu e-mail akhirnya ngak datang-datang juga. Aku SMS Tika dan ternyata Tika ndak bisa ngirim karena korban mengamuk di shelter…

Keesokan harinya. aku terima faxs yang berisikan kronologis dan catatan bahwqa foto telah dikirim via e-mail….

Aku langsung kontak Yulia dari WCC NUrani Perempuan. Siang itu kami meniskusikan strategi bersama teman-teman yang lain, dan sorenya kami ke harian posmetro padang dan padang ekspress untuk mempublkikasikan kasus ini…dengan harapan ada orang tua yang merasa kehilangan anak….

Posmetro Padang dan Padang Ekspress ternyata sangat kooeperatif dan pagi esoknya Sabtu, 3 Maret 2007, berita ini menjadi berita yang mendapat porsi di Koran itu…..

Tak sampai 5 Jam di publikasi, Yulia menerima telepon dari seorang laki-laki yang mengaku sebagai kakak korban, memang berasal dari PAUH KAMBAR PARIAMAN tapi mereka berpisah sejak beberapa waktu yang lalu. SI Kakak sedang berada di Pekanbaru untuk bekerja dan berniat pulang ke Padang untuk mengurus masalah ini…..

Sementara menunggu konfirmasi dari pembaca yang merasa kehilangan saudara. Aku menghubungi beberapa orang pejabat-pejabat penting yang berasal di dinas instansi yang mengurus soal perempuan dan korban kekerasan ini…

Tapi, sialan….keparat…. babi ngepet, aku mengumpat-ngumpat karena tak satupun yang merespon SMS aku. Ada dua orang staf yang merespon, tapi responnya tidak terlalu baik…”kami mau membantu sepenuhnya, tapi kan harus menunggu restu pimpina, coba hubungi pimpinan dahulu”…..GILA< keparat, sialan….seorang anak yang sedang trauma berat akibat kekerasan seksual, di negeri orang, harus segra di tolong, aku malah disuruh nunggu untuk konfirmasi ke pimpinan hingga Hari senin….GILa, BIROKRASI MACAM apa ini…….

AWAS YA, KALAU DALAM BEBERAPA HARI INI TIDAK ADA RESPON DARI PEMDA YANG BAIK, MAKA KASUS INI AKAN AKU BLOW UP HABIS-HABISAN DI MEDIA…..aku merutuk dalam hati…..SIALAN…..ANJING…..

Tapi, dibalik kemarahan aku, bersyuikur karena telah ada yang mengkorfirmssi bahwa, korban adalah keluarganya….Maka, kami akhirnya mendapatkan angin segar dari persoalan ini….. sampai tulisan ini dibuat, kami masih menunggu kedatangan keluarga korban…. mudah-mudahan cepat selesai….. doakan…….

One thought on “ANAK GADIS PARIAMAN KORBAN PERDAGANGAN PEREMPUAN (1)

Tinggalkan Balasan

