Polisi Kita (harga diri Rp. 20 rb)

Standar

Sebenarnya ngak ada maksud apa-apa saya menulis pengalaman ini…..bukan untuk menjelek-jelek kan sebuah institusi yang bernama KEPOLISIAN apa lagi untuk menjatuhkan harkat dan martabat….karena walaubagaimanapun kisah yang akan saya ceritakan ini juga terjadi banyak sedikitnya karena faktor kesalahan kita semua……..

Suatu hari, ada teman yang mengeluh………..

“Kancian mah, polisi anjiang…..aden ndak ado salah doh nyo cari-cari kesalahan…..trus kanai tilang…hilang pitih den 20 rb, padahal den ka pai ka kampus ujian…..”

Seorang teman menimpali………..

“Matilah ang….den kecek an…., jan lewat situ….banyak polisi mancari pitih…..dari pado ang kanai, kan rancak ang lewat jalan mancik se…., soalnyo den patang kanai lo., tapi den gadele saketek…kanai 15 rb nyo….”

Yang lain merespon………..

“Polisi….tau samo tau se lah ang…….”

Perbincangan dalam angkot itu terekam dengan jelas oleh saya. Betapa POLISI kita tidak mampu menebarkan rasa aman di tengah masyarakat……..dan mungkin banyak peristiwa sama lainnya terjadi di belahan bumi Indonesia……….

Angkot melaju dengan tenang, seolah mampu meredamkan emosi anak muda yang antipati terhadap polisi (karena merasa di rugikan….).

Kemudian mereka angkat bicara lagi……….

“Eh, ang tau ndak aden pernah cubo iseng-iseng lah…., den jo kawan sangajo ndak pakai helm, trus lewat di muko polisi tu……nah, aden nio menguji bara bana hargo diri polisi wak ko………..Ternyato iyo den kanai tangkok….langsung se den ago dek ang….dari 50 ribu jadi se 20 ribu dek ang………… Habis tu lapeh den lai……..hahahahahahahahaha (mereka ketawa)……….

Ternyata harga diri seorang polisi hanya sebatas 20 ribu rupiah……..sudah segawat itukah……………………

Barangkali sudah menjadi rahasia umum kalo hingga hari ini, banyak polisi kita tidak profesional…….barangkali lumrah saja….karena banyak gosip yang beredar bahwa untuk menjadi seorang polisi hanya menyediakan dana segar 60 juta….di jamin….ngak perlu repot dengan kekurangan fisik, karena bisa di anggap “ngak ada”……Jadi tidak heran kalo setelah seorang berkecimpung dan bertugas menjadi pelayan masyarakat ini…..hal pertama yang harus di lakukan adalah mengembalikan MODAL…………..

Barangkali cerita ini tidak bisa dianggap mewakili institusi kepolisian secara umuj, tapi oknum polisi lah yang berlaku seperti itu…………

Tapi pertanyaannya…..”APAKAH ADA POLISI BAIK DI NEGERI KITA INI ?” Sepertinya kita perlu buat POLICE AWARD, penghargaaan untuk polisi yang bekerja sepenuh hati melaani masyarakat. Kalo emang ada yang bersalah dan melanggar aturan….tindak saja sesuai UU yang berlaku…tidak pakai helm tilang saja…, melanggar tertib lalu lintar, tilang saja……..karena dengan di tilang….masyarakat diajarkan untuk taat hukum dan uang denda menjadi milik negara……….

Tetapi kalo semua urusan pelanggaran bisa di selesaikan dengan harga 20 rb rupiah….maka………kita semua maklum bahwa harga diri “Polisi” kita hanya sampai di situ…………..kalau sudah begitu….anda yang punya duit 40 ribu rupiah, bisa lolos dari 2 kali kesalahan melanggar aturan lalu lintas…………

Waduhhhhhhhhhhhhhh…………….negara kita emang baru bisa sampai di situ…………………

Iklan

One thought on “Polisi Kita (harga diri Rp. 20 rb)

  1. DAsar korupsimungkin dariyg kecil gitu yah,kl semua pelanggaran bisa selesai dengan 20 rb.rawan juga.Ada baiknya plisi yg melakukan itu diliat nama pangkatnya dan dilaporkan.tapi kalo udah dilaporkan tlg komandannya tindak tegas,jgn cuma dinasehati.kalo perlu di buat uu kaloada polisi yg korupsi langsung ditembak mati.kan dia orang tau hukum,jd kl melanggar ga perlu di sidang kasih dobelhukuman ok.gitu aja kok repot!!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s