Cita-cita kamu apa

Standar

“Ting tung…”
HP LG KG 300 Saya berbunyi…SMS masuk…agak malas-malasan saya buka dan ternyata dari Ayu, seorang teman muda Kelas 1 SMP 12 Padang…

“Bang…lagi dimana, kami mau ke Cemara niy…kami dah di POM Bensin Mata Air..”
“Waduh, bg im di rumah niy, habis kalian ngak bilang-bilang mo ke cemara…ada siapa aja ?”
“Ada Ayu, Adib, Yulia, Aulia, Prdana, dll…., kami mau nyari buku bang untuk bikin karya tulias…”
“Waduh…gimana ya…kalain tunggu di situ dulu ya…bg im mau siap-siap niy…”
“Jangan lama yang bang…., kami tunggu depan gudang ceredek ni…”
“OK…”

Saya mandi, tukar baju, pake parfum, dn dandan dikit lah……
Sebelum berangkat saya SMS lagi tuh teman-teman….

“Ayu…kalian balik aja pake angkot arah ke pasar, trus sebelah kiri setelah kuburan turki kira-kira 1 km dari sana kalian lihat CEMARA trus turun, tunggu aja di dalam ya…”
“OK deh bang…”

Saya lalu buru-buru nyari angkot untuk menuju Cemara. Tidak bisa di bilang dekat, karena jarak rumah ku dengan sekretariat Cemara hampir 15 KM….capek dehhh”

SMS masuk lagi….

“Udah dimana bang..kami dah nunggu niyyy….”
“Sabar dong bro….bentar lagiii pokoknya datang kok”
“Bg pasti datang kan…”
“Iya, pasti…niy udah diangkot…”

45 Menit setelah itu saya mendarat di Cemara…

“Hore…bg im datang………” semua bergelayutan kayak lalat…hehehehe
“sabar-sabar…kalian mau nyari buku apa ?”
“Buku tentang anak jalanan dan tentang Putri Malu bang…”
“wah…apa hubungan anak jalanan dengan putri malu ”
“Gini bg, kami bikin karya tulis, sebagain bikin tentang anak jalanan dan sebagian lagi tentang putri malu”…

OOOOOO………

“Kalo puti malu siy, kkag ada di pustaka kita, tapi kalo anak jalanan banyak.., ayo bongkar tuh filling cabinet…”

Satu-persatu buku, diktat, makalah dikeluarkan dari filling cabinet…

“Bang…satu lagi..kami juga pengen ketemu langsung ama anak jalanan dan mau wawancara…bisa gak bang…”
“Hmmm, gimana ya…bisa siyyy, tapi kalo mereka ada ya…nanti sore kita ke taman imam bonjol, mudah-mudahan mereka lagi ngumpul…OK”
“OK deh banggg…”

Jam 16.00 WIB kami berangkat ke taman Imam Bonjol dan ternyata ada 2 orang yang lagi main lempar duit…sang teman jalanan teriak…

“Bang Imoe…kama bang….pai ciek aaa…..”
“A….jadih, pek lah…ikuik ndak…ado kawan-kawan bg imoe lainnyo ko aaaa, nio kenal dan carito-carito….”
“Jadih….”

Ada 2 orang yang akhirnya bergabung…

“Pai makan pangsit se wak, beko sambia makan bisa carito-carito..”

Tiba-tiba rombongan Ayu n the gank bisik-bisik…

“A….bg im tau…kalian ndak ado pitih kan…jan takuik, bg im traktir kali ko…”

Saya merasa untuk sebuah pengalaman baru, ngak apa-apa ngeluarin duit….

“Asyikkkkkkkk…..”

Mereka semanagat lagi…

Singkat cerita, kami sampai di LUWES (Dekat taman Imam Bonjol). Pesan 7 Pangsit, 4 Coca Cola Es dan 3 Teh es…….

Kemuadian mereka berebut mulai bertanaya tuh ama teman jalanan….

“Eh…nama kamu siapa…”

Saya kaget dengan pertanyaan itu….

“Ye…..nanayanya kok gitu siy…kayak memerintah, kagak sopan manis…, dia kan teman kita juga…ayo kenalan dan salaman dulu..”

“Ehhhh iya bang…maaffffff”

Mereka mulai kenalan…..enak juga ngelihat anak belasan tahun kenalan…. lucu-lucu gayanya…..

“Nah..gitu dong….sekarang makan dan sambil makan tnya-tanya dehhhhh”

Mereka mulai makan sambil tanya-tanaya, mulai dari nama, umur, kampung, tinggal, dah berapa lama dijalana, dlllll. Satu jam berlalu dan sampai ke pertanyaannn terakhir….

“Kalo boleh tau niy…CITA-CITA kalian apaannn siy….”

Teman jalanan menjawab,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

“Cita-Cita….? apo yo…….ndak tau doh…”

Yang lain melongo………………………….ooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooooo

AKhirnya saya nyeletuk……..

“Ya, udah, udah sore, mari kita pulang nanti di cariin mama…”

DI jalan kami masih diskusi….dan si ADIB (anak yang paling lucu tapi cerdas…) bertanya…

“Bang, mereka ternyata baik juga ya, tapi kenapa gak bisa jawab tentang cita-cita…..?”

“Ya iyalah…masa nanyanya cita-cita…..jangankan cita-cita yang ADIB tanyakan…membayangkan saja sebuah cita-cita bagi mereka adalah hal sesuatu hal yang ngak pernah kepikiran ama dia…karena sekolah aja mereka tidak…”

ADIB melongo…oooooooooooooooooooooooo

“Trus mereka kok kayaknya sangar ya bang….atau memang harus begitu ya…supaya bisa berani..”

Cerdas juga niy anak….pikir saya….

“Iya….mereka begitu keliahatan sangar, pake anting, dlll, untuk strategi bertahan hidup di jalanan…kalo ngak gitu, maka di akan selalu kena peras atau mengalmi kekerasan dari orang yang lebih dewasa dari mereka…”

ADIB melongo lagi………..oooooooooooooooooooooo
DI ikuti yang lain…….oooooooooooooooooooooooooo

Malam dah tiba, saya dah mau tidur ada SMS masuk……….

“Bang, pengalaman tadi siang asyik sekali…..kapan-kapan ajak lagi ya bang…..”

Yang ngirim, Ayu, Aulia, dan Adib….bahkan si ADIB kirim SMS lagi….

“Bang…telpon ADIB ya….., mau cerita soal anak tadi……..lagi…”

Saya hanya balsa dengan SMS singkat………….

“Udah malam, ayo tidur, besok sekolah…kapan-kapan kita ngobrol lagi tentang mereka…………….

HARI ITU 5 ORANG ANAK DARI KELAS DAN SRATA SOSIAL BAIK BERTEMU DENGAN ANAK DARI STRATA KELAS RENDAHAN (ANAK JALANAN)…TAPI MEREKA MEMPERLIHATKAN PERSAHABATAN DAN KETULUSAN, MAMPU MEMAHAMI SITUASI TEMAN SEBAYANYA……….SEPANJANG MEREKA KETEMU DAN NGOBROL MEREKA BERCANDA LAYAKNYA ANAK_ANAK LAIN TANPA MEMANDANG KELAS SOSIAL……..

Anak-anak aja bisa, kenapa orang dewasa ngak ya………….

CAPEK DEHHHHHHHHHHHHHHHHHHH

Iklan

3 thoughts on “Cita-cita kamu apa

  1. nia

    hai bg imoe ne nia ank smp 12 padang
    nia pernah kenal ma bg im waktu da rapat osis tapi belum sempat kenal bgt ma bg im………
    cerita ni bagus,,kpn2 ajak nia ya klu mau wawancara ya
    coz nia pengen knl ma tmn2 yg da di jalanan………..
    WOKEH……..^_^

    ^_^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s