‘cepet-cepet kawin ya…(ketemu guru esde)”

Standar

Siang, 30 Maret 2008 (disebuah angkot jurusan tunggul hitam – pasarraya padang)…

Tiba-tiba naik seorang ibu usia 50 tahunan…dari jauh aku udah bisa menebak…itu pasti bu guru favorit SD ku..(bu ita, begitu kami panggil beliau)…

“Siang bu…masih ingat ama saya ?”

“Wah……aduhhhhhhh….heyyyyyyy…..ibu lupa nama, tapi ngak lupa wajah…..”

“Ayo…ibu tebak……saya gak mau ngasih tau lho…..”

Si ibu guru gak jawab, malah ngajak bercerita….

Pertama yang ditanyai soal sekolah……………

“Kuliah dimana……”

Terang aja aku ketawa……..

“Waduh bu….., kan sudah hampir 25 tahun tuhhhh, ya……… udah tamat lah…., tamatan UNAND bu…Fakultas Peternakan….”

“Nah….ibu ingat sekarang….MUHARMAN kan……”

“Hehehehehe akhirnya Ibu ingat juga……”

Kamipun ngobrol ngalor ngidul, tapi lebih banyak bicarain nostalgia dan ngomongin teman-teman yang pernah di ajar oleh ibu ita 25 tahun yang lalu…..(waduhhh serasa kembali ke jaman batu hahahaha)

Bu ita adalah guru agama di SD Negeri 29 Dadok Tunggul Hitam Padang (sekarang) dan SD Inpres 12/79 (pada tahun 1983, jaman aku SD). Bu ita mengajar pelajaran agama…pelajaran yang kadang-kadang aku rasakan lebih sebagai doktrin dibanding memberikan pemahaman akan sebuah ajaran….tapi ya sudahlah…..yang jelas beliau tugasnya mengajarkan yang sudah di gariskan oleh kurikulum….dan beliau menjalankan dengan sepnuh hati…sampe sekarang masih setia ngajar agama….

Apa yang menarik dari Bu ita ?

Tidak banyak yang suka dengan bu guru Ita…..

Kata teman beliau pemarah, ada yang bilang matanya besar, ada yang bilang killer…berbagai cap jelek terhadap beliau. Tapi aku bilang dia baik….semua kejelekan yang di labelkan pada beliau tak pernah satupun aku temukan…dan malah aku menempatkan beliau sebagai guru favorit esde ku……

Pembicaraan berlanjut………..

“Udah berkeluarga atau belum…..”

Dooorrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr (ini niy pertanyaan yang sulit aku jawab…heheheheh)

“Belum siy bu…rencana siy ada, maunya tahun ini, tapi masih banyak kendala…bla bla bla bla ble ble ble bli bli bli (seribu alasan niy…….) .

“Oooooo gitu ya….kalo gitu ya udah…jangan sampai lupa undangannya ya….”

“Ok bu…tenang aja….nanti di undang kokkk (ntah kapan ya….hehehehehe)”.

Angkot terus melaju hingga sampai di depan Universitas Negeri Padang……

“Eh……tau gak…kenapa ibu cepat ingat nama kamu ?”

“Ya bu…kenapa ?”

“Yang paling ibu ingat itu adalah…kamu kan salah satu dari 3 murid ibu yang ikut program percepatan ujian kan….waktu itu kamu kelas 5, tapi waktu ujian akhir kelas 6, kamu ibu ikutkan ujian dan ternyata kamu lulus kan…..?”

“Eh…iya bu….ada 3 orang waktu itu…jawab ku…”

“Iya…ibu ingat kok, ada kamu, si Darussalam, dan si Doni…”

“Betul bu….si Darussslam sekarang di Jakarta bu, dia dagang…dan si Doni saya gak tau kabarnya bu…karena menghilang begitu saja…”

“Iya…ibu juga tidak pernah dengar kabar dia lagi…”

Angkot maju terusssssssssss hingga sampe Minang Plasa Padang

“Eh…ibu mau turun duluan ya…karena mau pulang ke Prumnas Belimbing…. Rumah ibu sekarang kan disana…”

“Eh…kalo gitu kita sama bu, saya juga mau naik bus kota, jadi turun di Minang juga…”

Si ibu buka-buka dompet…..

“Eh…gak usah bu…biar saya yang bayarr…..”

“Wah….jadi sekarang, duit ibu gak laku ya….”

“Hehehehehe, iya bu….duit ibu gak laku lagi….duit saya yang laku sekarang….”

Bu ita ketawa hahahahahahahahahaha…………….lalu kita sama-sama turun, saya bayar ongkos lalu pamit ama Bu Ita….

“Eh….jangan lupa pesan ibu ya….CEPAT-CEPAT KAWIN…….., jangan di tunda-tunda….., jangan sampai lupa undangannya…”

“Iya bu…doain aja…., salam ya bu ke Ibu Del, Bu An dan yang lain-lain…..”

“Ok….sampai jumpa ya…hati-hati di jalan…..”

“Iya bu….ibu juga hati-hati….”

Saya melanjutkan perjalanan dengan bus kota menuju kantor…..sepanjang jalan pikiranku bernostalgia kembali ke tahun 82, saat-saat kebahagian dan kecerian sebagai seorang anak esde di mulai……………….

Tiba-tiba…..udah sampai….di kantor

“Siko ciek da, kiri…”

Aku menghentikan laju angkot, turun dan ngeloyor begitu saja…

Tiba-tiba………..

“Woiiii da…..ongkos nyo da…..lupo yo da…”

Waduhhhhhhhhhhhh gila……..si sopir manggil karena aku lupa bayar ongkos, gara-gara otak ku masih berada di tahun 82…….ya ampun…………….

Jadi malu…………………………….

Iklan

12 thoughts on “‘cepet-cepet kawin ya…(ketemu guru esde)”

  1. AyoE_MaNiEzz

    HUUUUUUUUUU…….
    klo mo kawin jgn lupa undanganny y…………….
    jgn ampe lupa m ayu n tmn2……………..
    satu tips buat bg im……….
    *jAnGan AmPe LUpA y NaYaR oNgkOS……nTaR dIcArIiN SoPIrNyA AmPe RuMaH lo………
    hehehehe

  2. catra

    bang wak ado pantun ciek ha,,, baru dapek

    ONDE MANDEH

    onde mandeh…

    persaingan makin kareh

    mancari induak bareh

    nan dicari nan boneh-boneh

    nan masuak kategori kapalo galeh

    onde mandeh…

    persaingan makin kareh

    bukannyo wak ndak basuadeh

    kapalo lah kabawah kaki lah kateh

    mangaja nan tacelak jo nan takileh

    onde mandeh…

    persaingan makin kareh

    kadang inyo lai nampak jaleh

    kok dijuluak raso kalareh

    tapi tampuaknyo sabana kareh

    onde mandeh…

    persaingan makin kareh

    antah bantuak wak nan kurang segeh

    antah pitih lo nan kurang laweh

    alun tatangkok inyo lah lapeh

    onde mandeh….

  3. Juanda

    Hahaha, bg imm kato ikhsan abg ka married samo kakak yg waktu tu yoo. Hehe

    ga jd deh kita sensor saja ! Yg jelas klo bg im married, saya taruh di bagian penanti tamu ya, biar bisa makan-makan juga 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s