…pelecehan seksual atau sodomi ya…(terjadi di panti asuhan) di kabupaten istana pagaruyung…

Standar

Telepon dari Direktur PKBI Sumbar, ketika saya sedang tidur-tiduran.

“Hallo, lagi dimana Moe?”

“Sedang tidur-tiduran Da”.

“Uda dapat laporan ada kasus Sodomi di Panti Asuhan “………” di “……”, pelaku adalah orang kuat dan ada hubungan dengan partai politik”.

Saya langsung kaget dan kemudian otak saya berfikir…”jangan-jangan ini yang di sampaikan oleh ibu tadi (sebelumnya saya ngobrol dengan salah seorang teman dari daerah yang sama, tapi ngak mau jelas nerangin kasus, terkesan di tutup-tutupi).

Setelah ngobrol dengan Bang Firdaus tentang kasus itu, saya langsung telepon si Ibu tadi siang yang ngobrol dengan saya. Saya langsung tanya dan akhirnya di menjawab.

“Kok, Imoe tau detail…”

Saya kemudian menjelaskan, bahwa sesaat setalah kita berpisah, banyak orang yang melaporkan kasus tersebut kepada saya. Akhirnya si Ibu menceritakan detail kasus itu.

Malam itu juga, saya melakukan kontak dengan teman-teman dari POLDA, KOMNAS PERLINDUNGAN ANAK, P2TP2A SUMBAR, TEMAN PENGACARA dan lain-lain. Dari hasil kontak-kontakan tersebut disepakati untuk bersiap-siap mendampingi kasus itu.

Esok paginya, saya menghubungi teman-teman wartawan. Ternyata ada sinyalemen, wartawan di lokasi kejadian takut untuk melakukan investigasi kasus karena mendapat tekanan dari orang-orang kuat.

Tak kehabisala akal, saya kemudian melakukan kontak dengan P2TP2A Kab…………..dan akhirnya saya bisa berhubungan dengan salah seorang pengurusnya. Dari pengurus saya dapat informasi bahwa saat ini pelaku sudah di tahan, anak-anak tidak di Sodomi, tapi hanya kasus pelecehan seksual. Saya lalu tanya si Ibu.

“Pelecehan seksual atau si korban tak mau mengakui kalau di sodomi bu?” cecar saya…

“Hanya pelecehan seksual, hasil itu sudah kesimpulan psikolog yang kami datangkan untuk mendampingi korban”.

“Ok bu, lalu korban sekarang gimana dan apa tindakan kedepan ?”

“Korban masih di panti asuhan dan kami belum memutuskan langkah-langkah selanjutnya”.

“Ok bu terima kasih atas infonay, kemungkinan saya akan ke sana dalam beberapa hari ini untuk diskusi dengan ibu”

“Ok, terima kasih, kami tunggu”.

Saya tutup telepon, dan kemudian berfikir, kesimpulannya, proses hukum harus di kawal, pelaku harus di dakwa dengan UU Perlindungan Anak. Akhirnya saya SMS teman di POLDA.

“Bu, saya dapat info, pelaku sudah di tahan, tapi tolong ibu hubungi teman di POLSEK tempat tersangka di tahan, agar di dakwa dengan UU Perlindungan Anak”.

“Ok pak, nanti saya coba kontak KASAT nya dulu ya…saya lagi di luar kota, nanti saya kabari lagi.”

Saya kemudian membolak-balik koran Singgalang, ternyata ada pemberitaan soal kasus itu. Wartawan sudah mulai berani beraksi…..

Saya menunggu kabar dari sang teman POLDA………………………….

6 thoughts on “…pelecehan seksual atau sodomi ya…(terjadi di panti asuhan) di kabupaten istana pagaruyung…

  1. waduh pak, ini hadiah yg memilukan menjelang hari pendidikan. pelaku harus dihukum berat, karena telah merusak masa depan generasi.

    maju terus pak imoe…

  2. thanks atas dukungannya, saat ini kami semua yang peduli sedang mempersiapkan langkah-langkah khusus untuk mengawal proses hukumnya….

  3. suhadinet

    Kasian anak-anak itu Moe…
    Kadangkala kita kira mereka berada di tempat yang lebih baik, saat anak-anak terlantar-yatim berada di panti asuhan.
    Harus selalu di pantau aktivitas panti-panti sosial macam ini, supaya anak-anak terhindar dari berbagai kejahatan macam pelecehan seksual atau bahkan penjualan anak…!
    Saya dukung kamu dari jauh Moe!

  4. imoe

    thanks pak SUHADI…kami lagi berjuang niy, BAP di kepolisian sedang kami kawal ram-rame…kita berhadapan dengan pelaku yang orang kuat hahahahaha doain aja……

Tinggalkan Balasan

