‘aku lagi di sijunjung’

Standar

Sijunjung, 26 Juni 2008.

Saya ke Kabupaten Sijunjung (Sejak 18 Maret 2008, kabupeten ini berubah nama dari Kab. Sawahlunto Sijunjung menjada Kab. Sijunjung). Perjalanan ke Sijunjung cukup melelahkan, maklum karena ingin sampai tepat waktu, saya dan salah seorang teman terpaksa harus gonta ganti bus. Dari padang ke Solok menaiki travel liar, dan dari Solok ke Sijunjung naik bus kecil roda empat, yang jalannya sangat lincah, tapi juga kuat (karena diisi oleh penumpang banyak sekali, padat kayak sarden heheh). Tapi saya menikmati.

Pertanyaan : “Mau ngapain ke Sijunjung ?”

Jawaban : “Saya mau memfasilitasi Forum Anak Kab. Sijunjung”.

Perjalanan ke Sijunjung yang melelahkan itu cukup terobati karena banyak pengalaman seru. Salah satunya adalah, saya sempat melihat langsung ada seorang anak perempuan kira-kira usia 14 tahun menaiki bus Muaro Jaya membawa “dulang kayu’ untuk alat menambang emas. Si anak turun sekitar daerah Kupitan, barangkali daerah ini tambang emas. Saya membayangkan, gimana hari-hari anak ini, apakah tidak sekolah ?.

Sampai di tempat acara, kelelahan terobati ketika bertemu dengan teman-teman muda dari Forum anak Sijunjung. Kami diskusi banyak hal soal kehidupan anak-anak. Mereka bersemangat, ternyata mereka menunjukan kepedulian yang LUAR BIASA. Diskusi tak bisa dihentikan malah……..Ada berbagai respon dan tanggapan ketika saya perlihatkan fakta bahwa masih banyak anak yang berada dalam situasi sulit.

Ada yang terdiam…

Ada yang senyam senyum getir…..

Ada yang berkaca-kaca matanya….

Ada yang diam saja….

Ada yang bilang….”lalu apa yang bisa kita lakukan…?”.

Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu…..karena kegiatan Hari pertama harus segera di akhiri. Tepat jam 17.00 WIB, kegiatan hari pertama selesai. Saya masih menyempatkan untuk jalan-jalan ke lokasi darmawisata Sijunjung. Kami menuju SILOKEK, lokasi arung jeram dan penelurusaran gua alam. Wahhhhh indah sekali…..Saya dapat info bahwa beberapa waktu yang lalu tim Metro Expedition bersama Luna Maya melakukan shooting di daerah tersebut.

Malamnya, saya nginap di Wisma Anggrek….sebelah wisma ada warnet dan saya ngenet untuk mengisi kekosongan malam…

Besok pagi saya akan melanjutkan bertemu dengan teman-teman muda Sijunjung. Kembali mendiskusikan mengenai Hak-Hak Anak…

Saya berharap, semoga anak-anak di Sijunjung Bisa jadi lebih baik dan mendapatkan kehidupan yang layak bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang…

SMS masuk ke HP saya……

“Udah tidur kak ?”

Saya gak tau dari siapa. Saya kemudian nanya..

“Belum, ini dari siapa ?”

“Dari Ridho kak….?’

“Oooo Ridho…, kenapa do ?”

“Ngak kak…cuman nanya…besok ketemu lagi ya kak… Ok kak, met istirahat…”

“OK, sama-sama…”

SIJUNJUNG MEMPESONA TERNYATA………

Iklan

6 thoughts on “‘aku lagi di sijunjung’

  1. riam

    Wah imoe udah jalan-jalan banyak jg di sijunjung kayaknya nih,…gw yg sempat tinggal di sana malah gak kemana-mana,..;)
    gimana di sana sekarang moe,…? kota muaro sijunjungnya udah lebih rame,..?

  2. hmmmm,,,saya kagum dengan semangat anda untuk memfasilitasi forum anak sijunjung,,anda sangat cocok untuk menjadi seorang pendidik…salutttt,,,apalagi saya cukup tau betul dengan situasi dan kondisi sijunjung dari berbagai sudut pandang..hehehe,,karena saya lahir dan besar (tamat SMA) disana, walau udah lama bgt saya tidak mengunjungi negeri dimana saya besar,,tapi tentunya saya selalu memantau perkembangan negeri itu,,thanks atas bantuan dan kebaikan anda..Spirit n don’t give up ya…merci..God Bless you

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s