’08-08-08 (penghargaan buat sebuah keikhlasan)’

Standar

Saya menunggu, apakah yang akan terjadi pada 08-08-08. Banyak orang bilang, kalau tanggal bulan dan tahun yang sama pada setiap tahunnya selalu menjadi incaran. Kata orang siy membawa hoki. Oleh karena itu banyak yang bela-belain ngadain pesta pernikahan tanggal itu, ada yang maksain untuk melahirkan tanggal itu, dan bahkan ada yang pengen bangun paling pagi pas tanggal itu. Tapi bagi saya tanggal 08-08-08 tidak ada bedanya dengan tanggal-tanggal yang lain. Setidaknya hingga pukul 21.00 wib.

Dari pagi sampai magrib, saya dan teman-teman berada di auditorium RRI Padang. Kami melakukan persiapan untuk peringatan Hari Remaja Internasional 2008. Auditorium yang centang perenang, kotor, bau serta berserakan, kami sulap rame-rame menjadi ruangan pertemuan yang OK banget. Jadilah semua panitia yang bekerja seharian penuh, tak berkutik setelah semua beres. Kami semua sepakat untuk pulang..Tapi yang dasarnya saya itu ngal betah dirumah, saya kemudian melanjutkan perjalanan ke warnet…biasa…ngeblog.

Setelah puas ngeblog, saya ketemu ama teman dan kami bercerita panjang lebar tentang banyak hal. Tapi satu topik pembicaraan kami yang sangat dalam adalah cerita sang teman tentang saudaranya yang sedang kesusahan. Kedua orang tuanya sedang kesulitan ekonomi. Tetapi mereka adalah orang tua yang cukup sabar. tetap menjalani hidup dengan tabah. Tapi dari cerita ama teman itu, lama-kelamaan keluarga tersebut goyah juga.

Saya kemudian bertanya dan mendalami tentang anak-anak keluarga tersebut melalui teman itu, dan saya kemudian memperoleh informasi bahwa masih ada beberapa orang anak mereka yang masih sekolah SD. Tanpa pikir panjang, otak saya kemudian memerintahkan…”kamu harus bantu, kamu harus bantu, kamu harus bantu”.

Tak tahu saya bagaimana cara membantunya, tetapi tiba-tiba saja dari mulut saya terlontar..

“Tolong cari informasi, berapa biaya sekolah anak yang masih SD, biar nanti kita akalin untuk bantu ?”

“Ok bang, nanti akan saya cari tahu” Begitu kata teman saya itu.

Kemudian saya pulang ke rumah. Kami berpisah di jalan. Tak berapa lama sampai di rumah, SMS saya berbunyi dan isinya…

“Bang, menurut informasi biaya sekolah anak itu adalah sekian rupiah…”

“OK, trima kasih, nanti bang kabari lagi”. Begitu kata saya.

Sambil nonton tivi, saya kemudian iseng-iseng meng SMS teman-teman ada yang di Aceh, Pekanbaru, Jakrata, Nusa Tenggara.

“Eh.. ada yang mau bantu beasiswa anak SD niy, aku tahu banget dia lagi membutuhkan, jaminannya aku, ntar buktinya aku scan dan kirim ke kalian semua”. Begitu SMS saya kepada teman-teman.

Tak perlu berlama-lama, SMS saya kemudian di bales oleh mereka.

Teman Dari Aceh bunyinya “Di kirim ke rekening mana, kebetulan akau udah niat niy untuk menyisihkan sedikit penghasilan, aku percaya kok ama kamu, ngak usah kirim-kirim bukti segala, kayak ngak kenal aja”.

Saya kemudian bales, “Thanks..niy rekeningnya…..” aku kemudian mengirimkan nomor rekening yang bisa di kirimin uang. Seraya mengucapkan terima kasih. Selebihnya SMS kami saling bertanya soal kabar dan teman-teman yang lain, alis bernostalgia.

Tiga Puluh menit setelah itu, masuk SMS dari teman di Pekanbaru. Kebetulan sang teman adalah Dokter. Bunyinya begini “Mantap tuh, love to help. Ke rekening mana ?”

Saya menjawab “Rekening ini aja…aku tunggu ya…senang berbisnis dengan anda hahahahahaha” Dia juga kemudian tertawa dengan SMS saya.

Saya merasa bahwa butuh waktu dan proses yang lama untuk menunggu donasi dari para sahabat karib itu. Keesokan harinya, ketika sedang berada di acara Hari Remaja Internasional 2008 di Auditorium RRI Padang, dua buah SMS masuk dalam waktu yang bersamaan :

SMS Pertama : “Hallo da Imoe, sudah di transfer barusan, semoga bermanfaat ya…”

SMS Kedua : “Eh aku udah coba transfer via ATM tapi kayaknya aku ndak bisa, karena ndak tahu kode bank, kan rekening kamu kemaren beda Bank, Ada atam MANDIRI ngak…atau senin aja aku kirim manusl ke Bank”.

Aku kemudian menjawab SMS itu dengan balasan yang sama.

“OK deh…terima kasih sekali lagi dan aku bersedia menunggu nya kok…”

SMS an berakhir dengan Indah dan saya duduk tercenung. Ternyata dalam waktu singkat, kepedulian teman-teman ternyata tak bisa di ragukan lagi. Saya salut dengan ke ikhlasan teman-teman. Dan yang paling membahgiakan adalah ternyata saya bisa mengumpulkan nominal uang yang justru bisa melunasi uang sekolah anak SD yang mau di bantu itu untuk 1 tahun kedepan. Padahal semula, saya cuman berharap bantuan teman-teman untuk 6 bulan saja. LUAR BIASA

Tercenung saya mengenang usaha yang hanya semalam ini. Barangkali memang ini adalah rejeki si anak. Barangkali inilah penggalan kisah hidup saya yang tak akan hilang sepanjang zaman yang hadir di tanggal 08-08-08.

SMS masih berdatangan dari teman yang lain.  Macam-macam bunyinya….

“Bulan depan ya…..tenang aja, semampunya ya, gak usah dikirim bukti segala”

“Boleh lah…gimana tekhnisnya…”

“Ada Rekening BCA ndak…biar cepat, tapi gak banyak semampunya”

“Eh, kebetulan gw bulan niy belum Zakat, tolong sampaikan ya…”

Dan saya masih menunggu SMS dari teman yang lain. Mudah-mudahan terealisasi.

Maafkan saya karena tidak bisa membantu apa-apa. Saya hanya bisa membantu mengumpulkan. Sekali lagi terima kasih para sobat semua. Saya terharu dengan kemulian teman-teman.

08-08-08 yang indah……

20 thoughts on “’08-08-08 (penghargaan buat sebuah keikhlasan)’

  1. haviez d'lostboyz

    keajaiban bisa dteng kpan n dmn aj…
    cba aj stiap org pnya inisiatif seperti ini n bnyak jg org yg pnya sifat ky tmn pak imoe, psti ud g ad lge anak2 yg terlantar di jlan gr2 g ad biaya bwt sklah..
    salut lah ma apyg ud pak imoe n tmn2 lakukan…

  2. gimana kalau bang imoe menggalang buat anak asuh juga?
    bisa dipublikasikan ke blog tuh.
    insyaAllah ada saja yang berminat untuk andil.
    lagian membantu yang ingin menyalurkan zakat dengan lebih terorganisir juga.

  3. Semoga anak-anak itu terjamin pendidikannya paling tidak sampai lulus SD. Salut sama Imoe.. Semoga amal ibadah, semua yang terlibat untuk menyelamatkan pendidikan anak itu mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT. Amin.

  4. 08-08-08…..

    hari yg sangat bersejarah dalam kehidupan saya…..

    benar2 sangat special..bahkn lebih special dr hari ulang tahun saya yg ke – 17 dulu….

    ” semoga keihklasan dr teman2 pak imoe mendapatkan ridho dan balasan yang sebanding dari Allah S.W.T”

  5. da im apo yg da im caritoan tuh mambuek ya kangen dengan aktifitas kemanusiaan.
    trims tlah mencarikan jalan tuk kemanusiaan
    sangat ya dukung kalau ini terus digalakkan

Tinggalkan Balasan

