‘bang, kita bisa bikin apa di bulan puasa niy’

Standar

Ramadhan baru satu hari.  TIba-tiba SMS muncul di HP saya.  Pengirimnya Wanda Leksmana salah seorang Pengurus Forum Anak Sumbar (www.forumanaksumbar.com).

‘Bang, apa yang bisa kita bikin di bulan puasa niy’.

Saya bales…

‘Maksud Wanda ?’

‘Gini bang, sejak kunjungan sosial kita ke Rumah Sakit Anak tempo hari dan ke Panti Tuna GRahita tempo hari, Wanda teringat-ingat terus bahwa ada anak-anak yang ternyata membutuhkan perhatian.  Nah, mumpung bulan puasa, gimana kalo kita bikin kegiatan buka puasa bareng di Panti Asuhan ?’

Wanda semngat sekali dan bahakan dia nambah embel-embel…

‘Soal dana, kita patungan aja.  Trus Wanda juga sudah ajak teman-teman dan dia mau.  Gimana bang ?’ Wanda minta pertimbangan.

Tentu saja say tidak bisa menolak ide tersebut.  Karena muncul dari rasa solidaritas.  Tapi dalam pikiran saya berkecamuk satu pertanyaan.

‘Gimana cara mencari dananya.  MUngkin adik-adik ini belum tahu, bahwa butuh dana besar untuk bikin acara di Panti Asuhan dengan puluhan atau bahkan ratusan anak.’

Tak pikir panjang, saya jawab ‘OK, mari kita siapkan.  KIta Rapat tanggal 5 aja kalo gitu, karena bang kagi ngurus kasus anak niy’.

‘Ok bang, siap gark….” begitu bales wanda bersemangat.

Mulailah saya bergerlya kepada teman-teman untuk minta sumbangan.

‘Ayo yang mau nyumbang, seporsinya 10 ribu.  TRus anak Panti ada 40 orang, ada yang minat ?’  Begitu kata saya menampungkan list donatur ke teman-teman.

Satu dua mulai nyumbang.  Tak sampai 5 orang.  Saya kemudian bingung, karena Rapat tinggal 1 hari lagi.  Saya tak sanggup bikin Wanda dan kawan-kawan kecewa karena keinginan kita tidak bisa terpenuhi hanya gara-gara duit.

Tak hujan dan tak ada api, saya di panggil rapat ke Dinas Sosial Propinsi Sumbar.  Rapat tentang penatalaksanaan anak yang berkonflik dengan hukum.  Di Kantor Dinas Sosial, saya kemudian ketemu dengan beberapa pejabatnya.  Omong punya omong, kemudian saya sampaikan kepada bapak dan ibu tersebut keinginan Wanda dan kawan-kawanya.

Mendengar ide tersebut, sontak semua pejabat Dinsos tercekat.  Diam dan saling pandang.  Agaknya mereka terinspirasi dengan ide itu.  TRus salah seorang diantara mereka ngomong.

‘Kalo begitu, silahkan siapkan, proposalnya say tunggu 2 hari ini dan semua saya tanggung’

Waduh, mendengar itu saya kaget…luar biasa…ternyata keisengan saya menyampaikan ide Wanda, di respon dengan cepat dan diluar dugaan.

Untuk sesaat say tertegun.  Balas saya yang kaget dan kemudian saya jawab.

‘Baik Buk, dalam dua hari ini akan say bawa menghadap adik-adik itu, biar mereka cerita langsung ke ibu’.

‘Ok, saya tunggu Moe.  O ya…satu lagi, nanti saya akan minta tolong radio XXXX FM untuk hadir meliput secara langsung dan berinteraktif dengan anak-anak Forum Anak dari Panti. Ok ya…’

‘Ok bu, saya akan siapkan….’

Besok say mau rapat dengan Wanda dan kawan-kawan dan Saya Jadi Percaya Diri…..saya sudah bisa bayangkan ekspresi Wanda dan kawan-kawan mendengar kabar baik itu..

Bulan ramadhan emang bawa berkah tak terduga ya…..

15 thoughts on “‘bang, kita bisa bikin apa di bulan puasa niy’

  1. To Si Dion : Ide nya dari anak-anak itu dion, kami hanya bantu mempermulus jalannya ide tersebut.

    To Ichank : Kita hanya mengerjakan saja secara sukarela chank, mudah-mudahan diberkati tuhan…ya ngak hehehhe

  2. To hendri : Jangan terhru hen…hehehehe
    To Pak Suhadi : Trims Pak, saya sudah melihat aura kebahagian itu dari semangat wanda dan kawan-kawan mempersiapkan acara ini. Doakan sukses pak.
    To Iman dan Hadoitz : Jangan lupa kalian ikutan ya…..awas kalo gak…

  3. ya, banyak hikmah yang kudapatkan dari posting ini:
    bahwa solidaritas itu bisa timbul dari lubuk hati tiap orang tanpa diduga.
    bahwa rejaki di bulan ramadhan ini memang sungguh luar biasa.
    keep up the good work, moe!

  4. To Afwan Yuliar : Trima kasih pak..ini usaha bersama dari sahabat-sahabat kecil saya yang luar biasa…

    To SQ : Hehehehe bagi kami di sini, semua bulan tetap sama pak…bulan yang penuh berkah. Apalagi ramadhan…

    To Cat : Thanks cat…adik-adik catra juga tuh…SMP 12 Padang…ternyata regenerasinya tak putus cat, sudah hampir 5 tahun lho…..berkat catra juga kan…

    To Pak Zulmasri : Trima kasih pak. Amin…Biarkan Allah SWT yang mengatur nya…kami ikhlas aja. hehehe

    To Marshmallow : Thanks uni, saya sering cerita ke adik-adik sobat muda saya itu tentang teman-teman blogger, terutama uni. Postingan uni penuh inspirasi, terutama tentang semangat dan saya sering ceritakan itu, bahwa kita harus belajar kepada siapa saja. Sukses ya ni…

Tinggalkan Balasan

