‘apakah anda tertarik berbagi rejeki ?’

Standar

Malam ini (baru saja) saya baru kembali dari Panti Asuhan Putra Darul Maarif Kota Padang di Jl. Gajahmada Padang.  Kedatangan saya ditemani oleh dua sahabat muda Bayu dan Rivo.  Satu saja tujuan kami kesana yaitu mempersiapkan segala sesuatunya untuk kegiatan BERBUKA BERSAMA ANAK ASUH PANTI ASUHAN DARUL MAARIF.

Kami mesti menunggu beberapa lama untuk bisa bertemu dengan pengurus panti, maklum pada waktu yang bersamaan, pengurus dan beberapa anak panti menghadiri undangan berbuka bersama di Air Tawar (begitu kata salah seorang anak).  Maka kami duduk-duduk di teras panti menunggu pengurus datang.  Karena ada beberapa anak-anak yang menghampiri kami, maka kamipun berbincang-bincang dengan mereka.

Sungguh mengasyikan berbincang dan berbagai pengalam hidup dengan mereka.  Saya mengenal satu dua orang anak yang ternyata berasal dari Jambi.  Dari pembicaraan saya dengan mereka, jelas terlihat bahwa walalupun mereka tinggal di Panti, tapi semangat untuk menaklukan hidup dan merubah nasib begitu membara.  Saya jadi terharu oleh semangatnya.  Tiba-tiba saya merasa kecil di hadapan mereka.  Saya merasa tak ada apa-apanya di banding mereka.  Merekalah sumber inspirasi dan semangat saya.

Tak berapa lama, datanglah beberapa orang pengurus panti.  Kami dipersilahkan untuk masuk kedalam ruang kantor.  Lalu kami bercerita panjang tentang kegiatan buka puasa bersama dengan para pengurus panti asuhan.

Saya sampaikan, bahwa kegiatan ini adalah kegiatan FORUM ANAK SUMBAR (www.forumanaksumbar.com).  Kegiatan ini tidak hanya sekedar berbuka bersama, tetapi jauh dibalik itu semua adalah bagaimana membangun solidaritas dan kepedulian antar sesama anak, sehingga mereka memahami bahwa dimanapun anak-anak berada harus mampu memperjuangkan kelompok anak-anak lain yang kurang beruntung.

Para pengurus panti menyambut baik ide dan gagasan itu dan mereka dengan senang hati akan mempersiapkan kegiatan itu semaksimal mungkin.  Kami lalu meminta data-data anak asuh panti tersebut dan diperoleh informasi bahwa jumlah anak panti tersebut adalah 40 orang.  Rata-rata didominasi oleh anak usia SD dan SMP.  Tak lama, sayapun pamit, karena hari sudah beranjak malam.  Sebuah SMS datang :

‘Bang, jadi kan besok kita menghadap Dinas Sosial untuk kegiatan buka puasa bersama ?’  Ternyata dari Randi.

‘Iya ran, besok kita kumpul di depan sekolah, trus nunggu yang lain, lalu kita rame-rame menghadap Dinas Sosial.  Kalian nanti yang langusng ngomong dengan Dinas Sosial ya…mudah-mudahan tak ada kendala.  Bang barusan dari panti dan semua udah OK’.  Begitu saya membalas panjang lebar.

‘Lagi dimana bang ?.  Randi nanyain kabar saya.

‘Masih di jalan ran, ntar lagi mau pulang ?’  Balas saya.

‘Istirahat bang, jangan sampai sakit, buka puasa bareng kita belum kelar kan ?’ Randi mengingatkan

Saya cuman bisa balas dengan ‘Terima kasih Ran’.

Saya sudah benar-benar naik ke angkot setelah SMS terakhir dari Randi.  Tiba-tiba dari kepala saya muncul ide untuk menggalang kepedulian sesama teman blogger.

‘Kira-kira ada nggak yang mau berbagi rejeki ya ? Begitu pikir saya. Siapa tahu ada yang mau.

Saya turun dari angkot dan memposting tulisan ini dengan maksud tak lain dan tak bukan untuk mengumumkan kepada teman-teman blogger bahwa kegiatan buka puasa bareng anak panti tersebut akan dilaksanakan pada 19 September 2008 dan bagi sanak saudara yang berminat membagi rejekinya dalam bentuk apapun, kami siap menyalurkannya.

Terima kasih atas dukungan dan doanya.

Forum Anak Sumbar

D.a.  LPA Sumbar. Jl. Sutan Syahrir No. 50 Padang

E-mail : forda_sumbar @ yahoo.com

Website : http://www.forumanaksumbar.com

Panitia Buka Bersama BIsa Hubungi :

1.  Wanda Leksmana (14 tahun) 085274777567

2.  Ady Juanda (18 tahun) 085263469469

Iklan

11 thoughts on “‘apakah anda tertarik berbagi rejeki ?’

  1. simpatisan yang jauh kayaknya memerlukan data yang jelas, semisal ada yang ingin disampaikan, moe.
    IT memang bisa memudahkan, asal saja jelas alamat tujuannya.
    namun begitu, dukungan moril tetap kusertakan.

  2. To Yakhanu : Terima kasih doanya…doa juga merupakan sumbangan yang tidak terharga nilainya.
    To Pak Zulmasri : Trima kasih pak, atas doanya…saya akan sampaikan salam hangat dari bapak untuk semua nanti.
    To Si Dion : Terima kasih Dion…ngak papa, doa juga sudah sangat berarti bagi kami untuk menambah semangat lagi…
    To Marshmallow : Terima kasih Uni, iya ya, mungkin kita kurang persiapan, sehingga terkesan dadakan… kita juga semula gak yakin ide ini terealisasi, tapi akhirnya ada yang mau jadi donatur..hehehe. Kalo mau langsung bias ke PANTI DARUIL MAARIF Jl. Gajahmada Gunung Pangilun Padang.
    To Avartara : Terima kasih, kalau berminat menyumbang, panitia buka bersama nanti bisa membantu menyalurkan..tapi kalau mau langsung bisa ke Panti LAngsung di Jl. Gajahmada Gunung Pangilun Padang, persisnya dekat simpang tinju Panti Darul Maarif namanya. Btw, teman rifka ya ?
    To Suhadi : Thanks pak suhadi atas supportnya.
    To Catra : Pulang lah capek..bia bisa bantu hahahaha

  3. Adi

    Kpada para donator,panti asuhan puti bungsu baru berdiri 9 blan,sdngkan ank brjumlah 43 orang,kami butuh perhatian dan uluran tangan serta bantuan,agar anak2 in menjadi anak2 yg brguna,n hdup layak sperti ank2 lainnya.trim’s

  4. Masidi

    Panti asuhan puti bungsu berada di kel dadok tggul hitam,mmlihara 43 ptra putri yg bersatus yatim n piatu,merek btuh perlindungan n hidup lyak sprt ank2 lainny,mari kt brsma mnjdi ortu mereka,agr mreka sprt ank2 kt,n mnjd ank2 yg brguna,smoga ibdah yg kt lkkan dbls oleh tuhan sbgai amal jariah,aamiin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s