…belajar tentang sebuah perjuangan…

Standar

Sore menjelang senja 30 November 2008.  Saya lagi sibuk dan  berdiri di perempatan Jl. Samudera Padang.  Jalan ini selalu padat pabila sore datang.  maklum, kawasan ini adalah pinggir pantai dan selalu saja warga Padang tumplek untuk melepas sore atau hanya sekedar melihat matahari berselimut senja.

Di tangan saya tergenggam setumpuk leaflet, stiker, pin, dan media lainnya untuk di bagikan ke para pengendara yang melewati jalanan ini.  Saya terlibat menjadi salah seorang volunteer untuk kegiatan HARI AIDS SEDUNIA 2008.

Tiba-tiba saja dari arah depan muncul teman yang sedang mengendarai sepeda motor.

“Hei pak Imoe…”  Saya kaget ternyata yang datang Riky

“Hei, ky udah nyampe.  Hayo gabung…” tanpa ba bi bu Riky langsung bergabung menyebarkan KIE yang ada.

Lama kemudian baru saya bisa berbincang dengan Riky.  Saya tanya kabar tentang tes kerja yang sedang dilakoninya di Batam.

“Alhamdulilah lancar Da Im.  Mudah-mudahan besok wawancara juga lolos”.  Begitu kata Riky.

“Kapan ngecas Ky ?” Saya tanya lagi ke Riky.

Ngecas adalah istilah kami berdua tentang rutinitas yang selalu dijalani oleh Riky setiap beberapa bulan sekali.  Maklum, karena mengidap Thalasemia, Riky harus melakukan transfusi darah.  tentu saja hal ini telah dijalani Riky sepanjang hidupnya.

Sambil tertawa Riky menjawab.

“Besok Da Im.  Udah ready niy…”

“Ok Ky, kabari ya kalo dah masuk rumah sakit ?’

“Ok da Im..thanks ya..”

Begitulah percakapan singkat saya dengan Riky.  Dan esok paginya saya menerima SMS.

“Da Imoe, Ky udah di RS, bentar lagi mau nge cas, di ruangan Aster”

Saya bales…”OK Ky, semangat ya…”

Riky adalah teman sekaligus adik.  Darinya saya belajar banyak tentang makna sebuah perjuangan.

22 pemikiran pada “…belajar tentang sebuah perjuangan…

  1. berapa banyak orang-orang di sekeliling kita yang telah menginspirasi kita ya, uda. malah mereka-mereka bisa jadi guru yang baik, yang tidak kita temukan di dunia formal

  2. ricnes

    wah kyknya ky ga gtu deh daim…..
    malah sebaliknya da imu dan kwn2 semua yg jd guru ky dlm mnjalani kehidupan…..
    ky msh hijau blm ada apa2nya neh, jd jgn terlalu memuji dan menyanjung krn ky lum pantas mendapatkannya…..
    makasih support dan dukungannya, ini sebuah energi baru buat ky, sekali lg makasih semua….
    ayo tetap smangat dan nikmati hidup ini dengan hati lapang dan gembira….
    ayo saling menginspirasi….dtunggu lho….;)

  3. wah, banyak kisah inspiratif di sekitar kita, seperti banyak orang-orang yang darinya kita bisa belajar sesuatu. jangan pernah berhenti mengambil hikmah.
    riky, aku juga selalu mengikuti blognya. dia orang yang hebat!

    • @ uni mallow : thanks kembali niyyy termasuk uni adalah pembelajaran terbaik sepanjang masa tuh…btw aku di tawarin kerja di papua..untuk isue HIV, ambil gak ya….

  4. Selalu membawa sesuatu jika sepulang berkunjung ke blog Pak imoe ini,… pengalaman2 dan cerita kehidupan,…. senang sekali bisa berada disekeliling Pak Imoe. Buat Riky,.. salut atas perjuangannya,… banyak yg musti saya benahi terhadap diri ini

  5. hmmm…. catra pernah dicertakan ang imu bagaimana ia belajar dari lingkungannya. termasuk belajar mengenai perjuangan hidup. bang imu belajar sama “si ky” ini.
    kalau dari catra bukannya dapat pelajaran hidup. tapi malah sering diajari tentang hidup oleh bang imoe.

  6. Ya ALLAH jadikan pemilik blog ini manusia manusia pilihanMU yang berkeyakinan bahwa bumiMU yang terhampar luas adalah masjid baginya, kantornya adalah musholahnya, meja kerjanya adalah sajadah,

    Kemudian fungsikan setiap tatapan matanya penuh rahmat dan kasih sayang sebagai refleksi dari penglihatanMU, jadikan pikirannya husnuzhan, tarikan napasnya tasbih, gerak hatinya sebagai doa, bicaranya bernilai dakwah, diamnya full zikir, gerak tangannya berbuat sedekah, langkah kakinya jihad fi sabillillah.

    Selamat hari raya IDUL ADHA …

    RINDU a.k.a ADE

  7. @ Pak Suhadi : Iya niy pak…saya tertarik banget tuh…mudah-mudahan ngak ada yang akan menghalangi, karena saya belum cerita pada orang tua. Saya belum minta ijin…hehehehe

    @ Catra : giman cat..ambl ya….

    @ Yulia : heheh thanks ya…kayaknya diambil tuh..kalo ijin ortu…

    @ Mbak ADE : Thanks mbak…terima kasih semoga Allah SWT mendengar doa mbak ade…kemana aja niy kok ngak pernah aktif lagi…

  8. ricnes

    da im…..
    kini giliran da im mah….
    jan ragu lai pak mu….
    tancap gas klo izin lah dikantongi…..
    sip khan…..
    semangat pak mu….

  9. bukan hal yang mudah untuk bisa terus berjuang seperti ricky; mengindap thalasemia dan harus rutin melakukan transfusi darah, syukurlah ricky tetap percaya diri dan penuh optimisme dalam menghadapi hidup. selamat berjuang, mas imoe, sukses selalu buat sampeyan dan juga ricky.

Tinggalkan komentar