…angka 3 dan 0 untuk kebetulan maryamah karpov…

Standar

maryamah_karpov1

Saya orang yang menganduringi tetralogi Laskar Pelangi. Tiga buku sebelumnay (laskar Pelangi, Sang Pemimpi dan Endensor) telah saya sudahi. Tentu saja buku terakhir berjudul Maryamah Karpov menjadi salah satu obsesi saya terdekat untuk di sudahi juga. Tak hayal, sejak peluncuran buku terakhir Andaea HIrata ini, hampir setiap hari saya berkunjung ke Gramedia Padang. Tentu saja untuk mencari informasi apakah buku tersebut telah ‘mejeng’ di sana. Kunjungan terakhir saya adalah hari Jumat, 5 Desember 2008 pukul 20.00 WIB.

“Sabar ya mas, masih dalam perjalan” begitu kata pegawai Gramedia.

Apa daya, buku tersebut belum juga muncul.

Sabtu paginya, saya telpon gramedia (kebetulan saya mengantongi nomor telp mereka).

“Belum mas, mungkin dalam beberapa hari ini, maklum banyak yang ngorder juga se-Indonesia”.

Jadilah saya menahan keinginan untuk segera membacaMaryamah Karpov itu.

Siang Sabtu saya habiskan untuk membuat panel data kasus kekerasan terhadap anak tahun 2007 dan 2008. Saya dibantu oleh beberapa orang relawan. Ternyata tidak gampang menyelesaikan panel data itu. Magrib baru kami benar-benar selesai. Setelah mengunci sekretariat, setelah menyelesaikan kewajiban yang lain, salah seorang teman ngajak main bilyard.

“Main bilyard yuk bang, stress niy” Saya juga gandrung main bola sodok ini.

“Yuk…main di D Mess aja, lebih enak dan adem” Saya nawain sebuah rumah bilyard yang baru di Padang. Lebih bagus, fasilitas baik dan lebih sopan.

“Ayo bang…”

Karena motor yang ada cuman 2 buah dan kami ada 5 oarang, maka terpaksa saya dan salah seorang teman menyusul naik angkot. Sementara yang lain menuju TKP dengan sepeda motor.

“Gung, lapar niy. Sebelum ke D Mess, makan dulu yuk, di Dhamar Shaker aja” Saya nawarin makan sebelum main bilyard. Maklumlah…lapar…

“OK deh bang, Agung juga lapar niy” Si Agung menyanggupi ajakan untuk makan tanpa pikir panjang.

Akhirnya kami sampai di sebuah kafe dengan nama DHAMAR SHAKER. KAmi duduk, memesan mie rebus, nasi goreng dan 2 lemon tea dingin. Sambil nunggu pesanan, iseng saya nelpon lagi ke Gramedia. Kebetulan gramedia berada persis di sebelah kafe.

“Hallo, gramedia, ada yang bisa kami bantu ?” Begitu sapaan staf di ujung telpon.

“Iya mbak, mau nanya, Maryamah Karpov udah datang belum?” Saya menjelaskan maksud dan tujuan.

“Udah mas, barusan sejam yang lalu, masih di registrasi”

“Kalo begitu belum bisa beli ya?” Saya mulai bernafsu.

“UDah kok mas, yang udah di registrasi udah bisa. Pasti mas yang kemaren ya…”Ternyata saya dikenal tuh. MUngkin karena nyinyir nanyain Maryamah Karpov.

“Eh iya…Ok ntar lagi saya kesana ya..”

“OK Mas, ditunggu. TRima kasih”

Telpon di tutup dan saya kemudian pamit sebentar ke Agung untuk membeli Maryamah Karpov. Tak sampai 2 menit saya sudah sampai di lantai 2 gramedia. LIhat-lihat sebentar lalu ambil novel spektakuler itu. Tujuh Puluh Sembilan Ribu harganya. Lalu saya bayar.

Sambil proses kasir. Iseng saya lalu bertanya.

“Udah banyak yang beli mbak ?”

“Udah siy mas, dalam 2 jam ini udah 30 biji. MAs pembeli yang ke 30 lho.”

Wah…si mbak kasir teliti banget, sampai-sampai ngitung pembeli segala.

“Wah pasti laris ya mbak” Saya nanya lagi dan sok akrab (heheh)

“Iya, pasti. Tau ngak mas, kita di Padang pesan 3000 biji. Eh, yang datang ternyata 300 buah saja”

“Waduh….jauh banget kurangnya mbak..apa ngak komplain…?”

“Ya..gitulah, mungkin karena banyak orderan dan cetakan edisi pertama terbatas, maka kita di batasi..” Begitu penjelasan sang kasir.

Saya kemudian berlalu dari gramedia setelah mengucapkan terima kasih kepada kasir. Sebagai bonus, saya dapat senyuman dari kasir itu (ampunnnnnnnn hehehehe).

Saya kembali ke kafe dan menyantap hidangan yang sudah tersedia bersama Agung. Sambil makan saya membuka novel dan kemudian membacanya. Tak lama, saya menyelesaikan bagian pertama novel ini (mozaik 1).

Ketika saya lihat, mozaik 1 berhenti di halaman 30.

Masyaallah…sebuah kebetulan. Angka 3 dan 0 mewakili kebetulan untuk pengalaman hidup saya denganmaryamah karpov.

Kebetulan itu adalah SAYA PEMBELI KE 30, NOVEL DIPESAN GRAMEDIA 3000 dan YANG DIKABULKAN PENERBIT 300 dan MOZAIK 1 NOVEL INI BERHENTI DI HALAMAN 30.

Karena penasaran saya melihat record telpon keluar di HP saya. Dan sebuah kebetulan lagi. Saya melakukan panggilan keluar tepat pada pukul 19.30 WIB.

Saya tersenyum…..SEBUAH KEBETULAN…….

51 thoughts on “…angka 3 dan 0 untuk kebetulan maryamah karpov…

  1. akhirnya perjuangan bang im g sia-sia, walapn sdkit nyi2r.he:D.
    gmn bang isi bukunya, bgus g? ntr pnjam bang, tapi jadi pmnjam yg ke-30 ya, hee…
    bang, di jogja lagi ada Indonesia blog academy, tertarik g bang?
    bang im, klu g sbuk blog tejok dikunjungi ya…thanks

  2. AL

    Aaaahhh! Pengen bacaaaa.. Saya itu udah mesen dan transfer uang ke situs langganan beli buku online. Biasanya, paling lama 3 hari nyampe, pasti diskon dan tinggal tunggu di rumah. Tapi gak sampai-sampai, katanya kehabisan.
    Gak sabaaaarrrrr!!!
    Seru gak? Bagus gak?

  3. ariza

    hehehe…saya yg jd pembeli pertama di gramed padang πŸ™‚
    kasirnya aja kaget, blm tau klo tu buku udah dateng hehe..

    langsung nungguin tu buku di lift barang lantai 2:)

  4. yulia

    Ahhhhhhhhhhhh, da im, nanti ya tujuan pertama kepadang yah emncari si MAryamah Karpov…. waduh berarti bisa jadi dah habislah ya kalau cuma gramedia padang dapet 300. Berarti da Imu harus rela kalau nanti ya pinjam si Maryamah Karpov dan yulia sari harus menjadi prioritas yahhhhhhhhh, walaupun harus maksa yang penting dapet….

    oh ya, mumpung di blog, sekalian yulia mau tanya kepada para bloger tentang masalah di blog ku… entah kenapa pagi ini si blog banyak ulah, isi blog aja susah minta ampun dan minta syarat begini dan begitu dan beberapa kali aku lost pasword padahal kan gak pernah ganti pasword, padahal tidak pernah disetting lho. dan aku juga mau tanya “apakah sebuah blog pribadi juga bisa seperti di blokir oleh orang lain???”

    terimakasih atas bantuannya……………..

  5. ya ampun, kebetulan kok bisa beruntun begitu ya, moe? mesti kamu bentar lagi kawin nih. *gak nyambung*

    kayaknya dari tetralogi, buku terakhir ini yang paling mahal ya? ntar deh, aku nunggu beli kalau harganya udah turun aja. *pelit mode: on*

  6. wah, sedemikain kuat obsesi mas imoe utk bisa membaca maryamah karpov. salut banget deh. saya juga sdh berkali2 ditagih anak permepuan saya yang duduk di kelas II SMA. laskar pelangi, sang pemimpi, endensor sudah dia lalap habis. sayangnya saya belum sempat ke gramedia, soalnya lumayan jauh kendal-semarang itu, hehehe … selamat deh, mas imoe, selamat baca sampai tuntas. tolong kalau dah seslesai di-teview, ya, mas. hehehe ….

  7. dan kebetulan…mungkin saya pengunjung yang kasih komen ke 33, hehe…nggak ada hubungannya ya mas. kalo njenengan sibuk berbuku maryamah, saya malah sibuk mencari novel2 remaja tahun 80an. kangen….buat nostalgia…

  8. AL

    Saya udah baca, selesai. Ada hal yang pas pertama kali buka, bikin saya langsung merosot semangatnya. Kalo saya belinya di toko buku, bisa gak jadi tuh beli hehehe. Satu kata aja. Tapi akhirnya saya baca juga. Menurut saya, inilah buku yang paling lebay.. Tapi lama-lama, bisa dinikmati juga. Cuma kalau menurut saya sih, gak seberapa bagus πŸ™‚
    *kabur sebelum ditimpukin penggemar Andrea Hirata*

  9. renimaldini

    selamat imoe… akhirnya prjuangan mencari buku terakhir andrea berhasil…ketemu juga yah si Maryamah Karpov…
    tapi, kenapa harus 3 dan 0???

    Buat judul sih, oke pula untuk dikutip….selamat membaca…

  10. aku juga sudah baca Bang…kemarin2 juga sempet tanya-tanya terus, katanya nopember, ternyata dec. belum sempet tanya, karena temanku juga kerja di Gramed Malang, pagi-pagi temanku sudah sms dan bialng, semalem MK di launching di Jkt. Jadi perbincangan hangat diskul, teman, semua deh…dan aku udah baca udah posting juga..baca ya….
    salam kenal,

    dewisang.wordpress.com

  11. tapi gak ada yg terjadi di dunia ini secara kebetulan kan om. yang ada cuma rangkaian2 kejadian yang saling bertaut sehingga menciptakan hel-hal yang sering kita anggap kebetulan…

    :peace man!
    πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

