…hewan-hewan di rumah saya…

Standar

img1757a

Rumah saya terletak di sebuah sudut Kota Padang. Tidak rame dan tidak juga lengang.  Saat pindah kesana, kami adalah keluarga satu-satunya (begitu pengakuan ayah ibuku), dan itu sekitar tahun 1983.  Tapi sekarang karena manusia bertambah banyak, kawasan itu berkembang secara cepat.

Kami mempunyai luas tanah 800 meter persegi, dengan panjang 40 M dan lebar 20 meter.  Separuh bagian depan di bangun rumah dan separoh bagian belakang di buat kolam.  Kolam tersebut cukup luas dan itu dibuat semata-mata untuk tempat penampungan air.  hal ini dilakukan karena kami memperkirakan bahwa suatu saat akan terjadi krisis air akibat semakin banyaknya rumah yang dibangun.  Dan ternyata benar, saat musim kemarau, kami tak pernah kekeurangan air dan banyak tetangga yang kerumah mengambil air bersih (kami memilki sumur bor).

img1756a

Tapi, belakangan, kolam tersebut tidak hanya berfungsi sebagai tempat penampungan dan pengendapan air, tetapi juga menjadi tempat hidup beberapa binatang.  Ngak tau, barangkali habitatnya mulai terganggu akibat manusia.  Niy, beberapa binatang yang ada di rumah saya termasuk yang ada di ekosistem kolah belakang rumah. Hheheheh

1.  BIAWAK, hewan ini muncul sejak 2 tahun belakangan.  Tidak tahu munculnya dari mana, tapi setiap pukul 13.00-14.00 WIB, ini hewan muncul ke tepi kolam.  Kayaknya berjemur.  Kalo sang biawak muncul, tandanya gampang.  Dua ekor anjing yang ada di dalam kandang pasti mengonggong.  Dan lihatlah ke tepi kolam, pasti akan menemukan 2 ekor biawak sepanjang 1 meteran lagi tidur-tiduran.  Begitu setiap hari dan kami sekeluarga cuek aja…karena gak menganggu.

2.  ANJING, nah hewan ini ada dua ekor.  Kandangnya persis di dekat kolam, oleh karena itu sang anjing selalu bisa melihat sang biawak muncul.  Anjing ini sebenarnya milik kakak ipar saya, karena dia hobby berburu, makanya dua ekor anjing ini baru menjadi anggota keluarga (hahahah) sejak kakak saya menikah.  Niy, anjing galak banget, setiap ada hal-hal yang mencurigakan pasti menggonggong.  Saya adalah salah satu yang paling sering di gonggong, mungkin karena sering pulang malam dan menganggu tidur nyenyeknya.

3.  MUSANG, karena rumah saya di kelilingi oleh beberapa pohon kelapa dan pinang, setiap malam selalu saja ada yang berjalan-jalan di atas loteng dan atap rumah.  Awalnya menganggu, tapi lama-kelamaan kami udah terbiasa.  Suatu malam saya keluar rumah dan pengen melihat siapa gerangan yang ada di atas atap, ternyata seekor musang.  Dari baunya juga jelas, harum….  Kalo siang ternyata sang Musang bersarang di atas loteng.  Hal ini terbukti dengan ditemukannya kotoran musang tersebut di beberapa bagian loteng yang berdekatan dengan pohon kelapa.

4.  KUCING, kalo yang ini baru muncul sekitar 1 tahun belakangan.  Dua ekor kucing yang hanya datang kalo Magrib menjelang.  Kalo siang hari dia gak ada.  Bukan punya kami siy, karena di rumah KUCING dilarang, maklum saya punya ponakan yang masiy kecil.  Ternyata sang kucing tau diri, dia hanya datang kalo malam mulai datang.  Dan tau gak kenapa dia hanya datang kalo malam…itu tuh, memburu TIKUS yang berkeliaran di rumah.

5.  TIKUS,, nah sudah bisa di tebak kan….sejak setahun belakangan, kami pusing ngurus tikus.  Tiba-tiba saja jumlahnya banyak di rumah kami.  Sudah berbagai cara dilakukan.  Mulai dari meracun, perangkap, sampai hal-hal lain yang berbau gaib.  Tapi tetap aja sang tikus gak lari.  Akhirnya sang kucinglah yang membantu kami mengusir tikus tersebut.  Walalupun setiap malam kami masih disibukkan oleh tikus, tapi jumlahnya relatif berkurang.  Sepatu kesayangan saya sempat di bolongin tuh tikus….

6.  SAPI, kalo yang ini bukan punya kami.  Sapi ini sebenarnya adalah milik tetangga.  Karena kami tidak memilki pagar yang permanen, setiap malam sang sapi selalu ke halaman depan.  Apalagi akalu bukan mencari rumput di halaman depan.  Sapi tetangga ini tidak dikurung.  Oleh karena itu tak jarang para tetangga lain, komplain atas keberadaan sapi-sapi ini.  Yang gak tahan, membersihkan kotoran sapi tiap pagi….yahhhhhhh apesssss

7.  BERANG-BERANG, yang satu ini sekali-sekali muncul.  Di kolam belakang, mencari IKAN yang ada di kolam.  saya hanya sekali melihatnya.  Tapi dalam seminggu pasti dia datang ke kolam belakang untuk mempertaruhkan hidup, mancari ikan.  Jangan-jangan dia pernah ketemu biawak kali ya….

8.  IKAN, yaa jelas lah…beberapa ikan pasti ada di kolam.  Tidak banyak karena tidak pernah di urus….

9.  Dan selebihnya, makhluk hidup yang ada di rumah kami adalah SAYA dan KELUARGA (ada kakak, kakak ipar, dan dua ponakan).  Tapi kami bukan BINATANG…heheheheheh

Ngaco amat postingannya, ini rumah atau KEBUN BINATANG siy……

Iklan

28 thoughts on “…hewan-hewan di rumah saya…

  1. vizon

    berarti sekarang kebun binatang sudah ada di padang ya jo…? nyaingin yg di bukittinggi dong, huahaha… 🙂

    @daniel:
    bilamana si uda imoe itu muncul di tepian kolam, ditandai dengan gonggonganmu, huahahaha…. kabuuuurrrr…. 😀

  2. @ Zoel : hahahahaha ndak gai seram doh pak..hahaha

    @ DM : hahaha kalo aku muncul ke tepi kolam, maka cewek sebelah rumah bersuit suit ria…

    @ vizon : iya bener tuh da…di gonggong daniel hahahahaha

    @ Rial : jangan ampe buaya dehhh ampunnnn

  3. Asyik…kalau ke Padang mesti mampir nih ke rumah Uda Imoe.
    Dulu saya dan si sulung heran, melihat banyak anjing di kota Padang, ternyata orang Minang suka berburu ya….

  4. @ bunda Enny : bener banget tuh bun…orang minang itu hobby berburu, malah kadang-kadang hobby tersebut menjadi biang keladi keretakan rumah tangga..nah, pasti kaget kan bun….

    @ catra : belum termasuk nyamuk, semut, kaki seribu dan lain-lain lho cat hahahaha

  5. ah, gak ada macan, gak seru!
    aku dong, di sekitar rumah gadang pusako tinggi di bukittinggi selalu ada macan yang keliaran tiap malam. katanya sih harimau jadi-jadian. hiii… syereeemmm…

    imoe, kalau nginep di tempatmu, mesti ada piaraan itu yang disembelih buat jamuan dong ya?
    pertanyaannya, biawak atau tikus? hihihi…
    *ikutan si goniel kabur yang jauh banget*

  6. wah mirip kebun bintang ya…hehhehe
    tapi, untuk ukuran jakarta dan di tengah kota mungkin rumahku juga bisa dibilang kebun binatang mini. Dalam satu saat ada anjing, kucing, tikus, ikan, ayam, kelinci, musang, kalkun, burung kakaktua, burung perkutut dan parkit, ular, kecoak, cicak, laron bin rayap, nyamuk, semut dll…..hihihi….

    EM

  7. @ fans : kalau tambah fans, tambah ciek lai mah…

    @ uni mallow : iya bener tuh un, kata orang-orang tua dulu, biasanya itu jadi jadian orang tua-tua kita terdahulu…hehehehe konon kabarnya ada yang malah ngikutin kita kemana pergi. Btw kalo ke rumah aku, di suguhin rendang biawak atau tikus…mau gak hahaha

    @ mbak imel : hahahaha ternyata rumah mbak imel lebih KEBUN BINATANG ya hahahahaha, kalo di jepang piaraannya apa ?

    @ ichank : weleh…unik apaan chank…itu hewan biasa kok, kecuali kalo aku piara dinosaurus, baru unik namanya…

    @ dion : hahahaha ada ada aja dion….tapi bener juga, selama ini kami sekeluarga gak musingin tuh hewan…di biarin aja….

  8. Imoe (baru perhatikan kalo o ngga aja jadi namaku deh….huh ngga penting ditulis)

    di Tokyo pelihara, ikan hias aja. Ngga boleh pelihara anjing. karena mansion. Kalau summer, anakku pelihara Kumbang kelapa.
    Aku pengen sih pelihara PIL, tapi ngga ada yang mau sih hahaha.

    EM

  9. @ mbak imel : hehehe iya yah…nama kita hampir mirip…kok ndak boleh pelihara anjing siy mbak ?

    @ kelly mareta : hehehehe ngak juga siy penyayang…tapi hewannya yang penyayang manusia…

    @ daniel : Dasar manusia dodol…..masa gajah munculll awasss yaaaaaa aku jadi bulan bulanan di postingan ini, nanti aku balas….awasssssssssssssssss hahahahahahaha

  10. Wakakakaaaakkkkk…!!!!

    Kalo badak, gimana dengan badak?
    Cumi-cumi barangkali? Cumi-cumi?
    Lumba-lumba deh… Lumba-lumba…

    Jiakakakkk!! Sewot dia! Haha!

    *rupanya belum betul-betul kabur aku* Hihi.

  11. @ joe : hahaha iya yah mas..kalo di tambah semau pasti banyak tuh ahahahaha kok aku lupa ya…

    @ DM : dasar dodolllllllllll…manusia oon niy, masa ada lumba-lumba di loteng atau cumi cumi di kolam….DODOLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLLL

    @ uni mallow : iya tuh un….DM yang mulai tuh…..

  12. Kaya juga ya mas Imoe. Coba kalau masing-masing dari kita (yang komen di sini) nge-list hewan apa aja yang ada di sekitar kita pasti hasilnya heboh banget. Tapi aku suka nggak tahu nama persis hewan di sekitarku, misalnya nama burung-burungnya….huhuhu

  13. mau tanya tentang biawak. apakah biawak di rumah bapak suka bikin lubang di tanah? kalau iya, bagaimana cara mengatasinya? (kuatir tanahnya berlubang2) soalnya di rumah saya ada beberapa lubang biawak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s