…siapakah yang akan dipilih syam, apakah ida atau robert ?…

Standar

divorce3

“Kalau uda masih mengasihi Robert di rumah ini, lebih baik pulangkan saja saya ke rumah orang tua saya.  Titik“

Bagai petir di siang bolong, kalimat tersebut membuat Syamsudin tersentak.  Dia terpana dan tidak percaya kata-kata itu keluar dari mulut istrinya Ida.  Diletakkan topi lebarnya, disekanya keringat, lalu menatap sang istri yang masih berdiri dengan mata merah.

“Ada apa Ida, tenang dulu, Uda sedang lelah.  Kata-kata ida itu berbahaya dik”

Dengan keesabarannya, Syam berusaha menenangkan istri cantik yang telah dinikahinya nyaris 10 tahun itu.

“Aku sudah muak da, aku sudah jengkel, Uda lebih sayang pada Robert dibanding aku dan anak-anak.  Uda tidak pernah mempedulikan perasaanku lagi.  Sampai kapan ini akan terus terjadi Uda.  Uda sangat berubah”

Kesabaran Syam tidak berbuah manis.  Ida terus meracaukan kejengkelannya.  Menumpahkan isi hatinya dan sesaat kemudian dia terisak menangis.

“Hu  hu hu, aku sedih uda, aku tak tahan, jangan sampai rumah tangga kita rusak oleh Robert.  Anak-anak kita butuh perhatian, mereka akan tumbuh besar, meraka tanggung jawab kita.  Pahamkan Uda ?”

Syam tidak dapat berkata-kata lagi.  Pada dasarnya dia masih bingung.  Kenapa tiba-tiba Ida benci dengan Robert.  Padahal Robert telah setia menemani keluarga ini sejak 5 bulan lalu.  Ada apa ida ?

Ida melanjutkan racauannya…

“Sudah hampir 10 tahun kita menikah da, tidak pernah kita bertengkar.  Sya menghormati uda sebagai suami dan bapak dari anak-anak kita.  Tapi kehadiran Robert membuat semuanya berubah.  Dulu kita sepakat bahwa Robert hanyalah pengisi waktu luang.  Tapi tahukan uda, sekarang Robert menjelma menjadi keutamaan dalam hidup uda, dalam keluarga kita.  Lebih rendahkah aku dan anak-anak kita di banding Robert menurut uda/  Ayo jawab da.  Berkali kali aku mengikatkan uda.  Tapi uda tidak acuh.   Aku tidak tahu harus bagaimana lagi.  Yang paling aku sesalkan, uda sudah mulai berbohong.  Mengambil tabungan keluarga hanya untuk Robert.  Uda bohong…saya tidak terima”

Dalam diamnya, Syam kemudian menelusuri lagi jejak kehidupannya 5 bulan belakangan.  Perlahan dia menyadari ada kesalahan di sana.  Dia telah mengacuhkan istri dan anak-anaknya.  Tidak pernah lagi menemani kedua buah hatinya mengerjakan PR.  Tidak pernah lagi ke mesjid bersama.  Tidak pernah lagi jalan-jalan bersama.  Tidak pernah lagi merasakan indahnya kebersamaan dalam keluarga kecilnya.  Dan yang tidak bisa dibenarkan adalah kebohongannya tentang tabungan keluarga.  Mengurasnya hanya demi Robert.  Menyadari semua itu, Syam merasakan kehampaan yang begitu dalam.

Tak dihiraukannya Ida yang sedang menangis sesungukan.  Syam lalu menuju belakang rumah.  Dibukanya pintu kandang belakang.  Ditariknya Robert keluar.  Di elusnya anjing peranakan itu.  Hewan yang selama ini menemaninya berburu, sebuah hobby baru yang dilakoni Syam dan nyaris membuat rumah tangganya berantakan.  Robert telah menyita perhatiannya, menyita segala-galanya, dan tidak ada kata lain kecuali mengucapkan selamat tinggal.

Sejurus kemudian Syam telah tersambung pada seorang teman…

“Halo Bud, aku mau jual Robert….terserah mau di lego berapa”

Lalu Syam tersenyum…

Iklan

24 thoughts on “…siapakah yang akan dipilih syam, apakah ida atau robert ?…

  1. wah, baru kena batunya tuh uda syam, hehe …. rupanya selama ini kehadiran robert, tanpa disadari telah menelantarkan ida dan anak2nya. sebuah narasi reflektif yang layakjadi renungan buat keluarga, mas imoe. betatapun kita hobi berat sama apa pun, istri dan anak jangan sampai diabaikan, hehe ….

  2. Aku pikir mobil baru …
    Soalnya kan cowok-cowok / laki-laki suka otomotif sampe lupa punya pacar / istri

    hhaaa ..
    Cerita siapa itu Uda Imoe ??

  3. hahahaha…. RObert roboert… kasihan. Hobby berburu si syam jadi harus dikukung nih. hehehe.
    Tapi lumayan tuh bang, di Paris kampung bg Im. Si beruk lebih istimewa daripada anak istri. hahaha. Baruak piaman manjek batang krambia. :mrgreen:

  4. Sialan, Uda! Ane ketipu! Kirain si Robert itu pacar homo Syam.

    Memang seringkali rumah tangga diributkan oleh hal-hal yang “sepele”, tapi bisa berujung akibat yang tidak sepele.

  5. Ahh ternyata Robert itu gukguk….

    Isteri pertama suamiku adalah buku, kemudian kompie (sekarang laptop)…
    Ahh aku sih tenang2 aja, bisa jalan2 bareng anak, saat kecil, nonton bareng, mampir makan…biar aja yang asyik mengurus isteri pertamanya….hehehe

  6. vizon

    ondeh robert…
    malang nian nasibmu
    dulu kau dipuja, sekarang kau dilega…
    abis kamu juga sih… terlalu pintar “memuaskan” uda syam… 😉

  7. @ Arif : hahahaha terkecoh kan…..atau gukguk nya ganti syam kali ya…

    @ mbak imel : hahaha, mbak ini ada ada aja…..hehehehe

    @ yoga : siapa yog, kasih bocoran dong…

    @ pak sawali : hehehe iya pak, masa anak istri kalah jauh dibanding guk guk, di tempat saya banyak yang gitu pak. Giliran guguk di kasih makan bergizi, ehhh anaknya sendiri dibiarin kurus kering…

    @ muzda : hehehe masa cowok suka mobil ? dimana-mana cowok suka cewek dong…ehhh ada juga yang suka cowok kan hahahaha…ini cerita siapa ya ? aku juga gak tau……yang ngerasa aja deh…

    @ takodok : heheheh bukan laptop lagi…hehehehehe GUK GUK

    @ catra : hahaha beruk…tapi beruk gak makan telus setengah matang kan…kalo guguk iya cat hahaha

    @ soyjoy : yahhhh homo hahahaha ada ada aja…

    @ racheedus : lho kok homo lagi…nahhhh ada apa niy dengan homo huahuahuahua

    @ bunda eni : iya ya bun…biarin aja ya..yang jadiin istri pertama hal-hal lain…jadi bisa nikmati waktu banyak ama anak-anak…asal jangan suami pertama justru anak-anak bun halah hehehehhehehe…

    @ uda vizon : hahahaha kata kata memuaskan uda syam itu yang gak nahan da hahahahaha

    @ omiyan : tersenyum ya hahahah ketawa juga gak papa kok hahaha

    @ zaq : masa siy ida gak boleh….pake nama apa coba…JUPE, DEWI PERSIK gak matchinglah kan….

  8. syam itu…. syamsul bahrinya sitti nurbaya ya pak imoe? atau syamsudin ideris, blogger kalimantan? sadis sekali, membandingkan kasih sayang kepada istri dan anjing.

  9. imoe, makasih atas keinginan imoe membaca posting pertamaku.
    sayangnya, tidak seperti di wp, reposting sepertinya kurang dimungkinkan di blogspot, atau aku yang kurang tau.
    kalau memang ingin membacanya (duh, padahal malu deh bongkar-bongkar tulisan lama yang gak mutu banget itu), imoe bisa baca di sini.
    silakan… dan berikan tanggapanmu yang jujur, ya? hihi…

  10. bang……. ma apdetannyo ko ha. tagarok taruih wak buka blog ko.. hehehe
    oyo, link catra nan di side bar ganti lah lai,

    catra.wordpress.com
    rangmudo.com lah ke laut

  11. @ norland : jadi kenapa ? seru gak ? heheheh

    @ pak zul : hahah syam apaan ya pak…terserah aja deh…ya itulah fakta pak di minang banyak begitu hehehe

    @ rizal : masa siy manohara kucing…bukannya permaisuri ?

    @ annosmile : hmm laku berapa ya…belum di tawar soalnya hahaha

    @ pak suhadi : fiksi pak, hmmm tapi ada benarnyajuga…heheheh

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s