…forum anak sumbar 09…

Standar

1

Ini adalah kali pertama dalam hidup saya, memandu diskusi kewalahan.  Bukan karena yang dihadapi adalah orang-orang bertitel, tapi justru yang dihadapi adalah anak-anak utusan Kabupaten/Kota Se Sumatera Barat.  Kami semua dipertemukan dalam sebuah kegiatan FORUM ANAK SUMATERA BARAT 2009.  Ini adalah kegiatan rutin yang di helat oleh Pemerintah Propinsi Sumbar sebagai salah satu bentuk implementasi ‘hak partisipasi anak’.  Forum Anak ini menjadi media bagi anak-anak untuk menyampaikan ide, pikiran, saran dan berbagai hal yang dirasakan oleh mereka menyangkut kehidupan mereka sendiri.

2

“Ada yang ingin berkomentar”

Setiap kali menyampaikan statement, saya selalu meminta respon dari teman-teman muda enerjik ini.  Dan sudah bias dipastikan bahwa semuanya mengacungkan tangan.  Bingung…mau milih siapa diantara mereka untuk berkomentar.  Lalu saya pilih beberapa dari mereka yang belum banyak dapat kesempatan, dan ternyata satu kata mewakilinya ”LUAR BIASA”.  Banyak pikiran-pikiran cerdas justru keluar dari mereka.  Sederhana, langsung pada sasaran dan tak bertele-tele.  Beda sekali dengan para politisi kita.

3

Salah seorang guru yang mendampingi anak-anak mereka dari sebuah Kabupaten menghampiri saya waktu istirahat siang.  Dia bertanya…

“Aduh..kok saya seolah-olah ngak kenal dengan siswa yang saya dampingi ya Pak ?” Begitu pembukaan pertanyaan dia.

“Emang kenapa bu, bukannya selama ini ibu yang selalu mengajarnya ?”

“Iya siy, tapi kok di kegiatan ini anak saya itu lancar banget mengeluarkan pendapat, rileks dan berbobot..”

4

Dalam hati saya berkata “Nah loe..bukannya engkau gurunya, kok kaget ?”

Saya hanya tersenyum menjawab pertanyaan ibu tersebut.  Lalu selebihnya kami ngobrol soal Kabupaten tempat dimana ibu itu berasal.  Di akhir pembicaraan sang ibu minta nomer HP saya. Sebelum pamit untuk sholat lohor beliau bertanya..

Ngajar dimana ?”

“Ngak ada bu, dimana aja jika ada yang minta”

Saya lagi-lagi tersenyum.  Si Ibu pamit untuk sholat.  Saya melanjutkan makan dan bercanda dengan sobat-sobat muda.

5

Malampun menjelang.  Diskusi digelar lagi.  Kali ini tidak bisa dihentikan.  Para peserta jengkel, merasa diskusi belum tuntas.  Hari sudah menunjukan pukul 20.00 WIB.  Mereka minta tambah waktu.  Tapi saya gak mau.  Mereka diperintahkan tidur.  Karena besok pagi akan melanjutkan kegiatan yang lebih padat.

Pagi muncul.  Siang menjelang.  Makan siang lagi.  Si Ibu guru kemaren menemui saya lagi.

Rahasianya apa siy pak, kok bisa mengeksplore sedemikian rupa”

Waduh…niy ibu penasaran banget.  Padahal saya tidak punya rahasia apapun.  Apalagi memiliki jampi-jampi khusus.

Ibu ngajar mata pelajaran apa di sekolah ?”

Tentu saya juga ingin tau si Ibu.  Kok merasa selama ini gak mampu mengeksplore siswa-siswi dia dalam mengajar.

Matematika Pak..”

6

Hahahahaha, saya baru nyadar.  Si Ibu ngajar matematika.  Pasti selalu memasang tampang bete waktu mengajar.  Heheheh setidaknya itu performance sebagain besar guru matematika.

“Gini bu… rahasianya sederhana bu..sekali-sekali ibu masuk kelas, lalu jangan ngajar matematika, coba deh ibu cerita-cerita ama siswa ibu tentang keseharian saja..Tentang infotainment, manohara, pilpres, dll.  Pokoknya yang bisa nyambung dengan selera mereka deh bu, pasti ibu akan menemukan sesuatu yang baru tuh.  Jadi intinya..mulailah dengan sesuatu yang menyenagkan bu….”

7

Lalu kamipun tertawa bersama.  Selepas makan siang, kami melanjutkan kegiatan Forum Anak Sumbar 2009.  Apa itu kegiatannya ? Diskusi sambil lari-larian, main binatang-binatangan, bernyanyi-nyanyi, ketawa-ketawa, saling lempar bola kertas. Lalu semuanya senang…Tak ada yang lebih baik di dunia ini, kecuali membuat hati senang….

8

Forum Anak Sumbar 2009 memutuskan 8 orang anak-anak yang dipercaya mewakili Sumbar dalam kegiatan Forum Anak Indonesia di Jakarta 20-23 Juli 2009 yang akan datang.  Pemilihannya demokratis sekali.  Semua senang…selamat buat Uthi (Kota Pariaman), Dini (Kota Padang), Aufa (Kota Payakumbuh), Mulyadi (Kota Payakumbuh, Hanafi (Agam), Junior (Agam), Defrizal (Pesisir Selatan)…Kalian semua adalah sumber inspirasi siapa saja…..

9

12 thoughts on “…forum anak sumbar 09…

  1. hmmm … postingannya sugguh inspiratif, mas imoe. ternyata dalam sebuah forum diskusi, anak2 jadi lancar bertanya dan menyampaikan pendapat, sungguh beda ketika mereka berada di kelas.

  2. selamat buat adek2 yg kepilih

    bang insya Allah iman tetep ikutan FAI sbg co fasilitator. kmrin diajakin mas nanang, soalnya Iman di Jakarta. jd aksesnya lebih mudah

  3. ILYAS AFSOH

    kadang dalam hidup, kita tersandung tantangan oleh karena kesalahan kita sendiri, Diantara tantangan yang aku hadapi adalah Mendapat JULUKAN : C.G.P.P (cowok gak Punya Perasaan). ah,

    aku mengakui, jika aku khilaf, aku salah,namun ilyasafsoh tidakboleh berdiam diri oleh julukAN CGPP tersebut, ilyas afsoh sedang mempersiapkan diri menyambut kesuksesan yang lebih besar, yang banyak memberi manfaat pada banyak Umat.

    Sahabat, aku minta doa- doa dari Anda.

    Agar Label CGPP ini : memberi / menjadi batu titik tolak BANGKITNYA ilyas afsoh menjadipribadi yang lebih santun, yang lebih menghormati sesama, dan menghormati diri sendiri.

    Ya ALLAH,

    dan Para Sahabatku Para Blogger, dukunglah aku menjadi Pribadi yang lebih santun. Berikan Aku dukungan ….

    dukungan

    semangat

    support

    ILYAS AFSOH | 088 1296 3105 | Aku bukan CGPP
    http://ilyasafsoh.wordpress.com/2009/06/27/c-g-p-p/

  4. hahahaaa… aku malah penasaran sama imoe, bukan anak-anaknya.
    penasaran, gimana sih si imoe kalau tampil memfasilitasi anak-anak berdiskusi?
    kalau anak-anak aja bisa curpat (curah pendapat), gimana orang dewasa, ya?
    curhat dong! wakakaaakk… bahaya!

  5. @ syawali : bener bgt pak, yang penting kayaknya membangun suasana yang kondusif, agar otak bekerja kan hehehehe.

    @ aurora : nomor 2 ? jiahhhhh tuh kan..anak yang paling bawelll…gak pake mandi lagi…

    @ DV : trims mas…
    @ ewa : ndehhh pak ewa lai…lah di koling-koling di blog mah…ndak baleh doh hehehe, lai mantap liburan ka muaro labuah pak ?

    @ bunda eni : hehehe sipp bun…
    @ iman : sipppp mantap
    @ uni mallow : boleh tuh un, kapan…ke jogja aja tempat uda vizon,kan dia juga punya kelompok bermain tuh hehehehe

    @ hatmi : iya bener jugabu hehehe
    @ yulia : hehhehehe lupo ya….sorry

Tinggalkan Balasan

