…akhirnya…

Standar

1Tidak pernah terbayang oleh saya untuk memfasilitasi sebuah kegiatan di bulan puasa ini.  Apalagi yang akan difasilitasi adalah kelompok anak-anak dengan beragam tingkah polah, serta beragam usia.  Jadilah proses fasilitasi anak-anak di bulan puasa ini menjadi semakin berat.  Secara fisik, maupun emosi.  Tapi so what githu lo…ini adalah hal ikhwal yang selama ini dinanti oleh anak-anak Kota Padang.

Kembali kebelakang sejenak.  Sejak sebulan yang lalu, saya dan teman-teman gencar sekali melakukan lobby dan negosiasi kepada Pemda Padang untuk memfasilitasi kegiatan Forum Anak Kota Padang.  Maklumlah, kami tentu saja akan bekerja dengan anggaran pemerintah, yang barangkali item kegiatan tersebut tidak pernah terpikirkan oleh para pembuat keputusan di dinas terkait.  Otomatis diperlukan upaya yang sedikit ekstra untuk meyakinkan dinas terkait bahwa, kegiatan ini penting.

2Forum Anak sendiri sebenarnya adalah sebuah ide sederhana, bagaimana menciptakan wadah dan ruang bagi anak untuk berpartisipasi, menyampikan pendapat, ide, pikiran kepada orang dewasa dan pemerintah, agar mereka terlibat dalampengambilan keputusan pembangunan yang ada.  Karena melibatkan partisipasi anak dalam pengambilan keputusan, tentu saja akan memberikan jaminan bahwa kepentingan anak akan terakomodir dalam keputusan tersebut.

3Jalan semakin lebar terbuka, mana kala anak-anak yang selama ini aktif berkegiatan dengan kami akhirnya turun tangan.  Lobby lobby intensif mulai dilakukan dengan melibatkan beberapa teman-teman muda, baik dengan menggunakan pendekatan formal maupun informal.  BERHASIL…., ternyata anak-anak jauh lebih hebat dibandingkan kami orang dewasa untuk meyakinkan pemerintah.  Kepercayaan Pemda Padang kepada anak-anak hebat ini telah dimulai sejak mereka memperlihatkan prestasi dan aktivitas nyata, jauh hari seblum pembentukan Forum Anak Kota Padang ini sendiri.

Maka, disusunlah jadwal kegiatan tersebut dilaksanakan.  Maka dipilih waktu 30 Agustus 2009.  Well, bulan puasa.  Kenapa gak dicoba.

4Akhirnya waktu yang ditunggu menjelang.  Pagi hari pukul 09.00 WIB,pada tanggal yang sudah ditetapkan semua peserta hampir semua sudah berkumpul.  Kami akan menjali proses seharian penuh.  Berdiskusi, bermain, bercerita, memecahkan masalah serta menyusun rencana aksi.

Terasa berat memang.  Saya sendiri merasakan langsung.  Memang tidak enak berdiri didepan anak-anak banyak dibulan puasa.  Ngomong cas cis cus tak berhenti henti.  Tidak boleh loyo, karena loyo sedikit saja, bakalan menular kepada peserta lain.  Dengan menguras semua tenaga yang ada, kahirnya proses berjalan dengan lancar.  Beberapa kali saya BLANK juga, terutama ketika siang hampir saja datang.  Apalagi kalau tidak godaan lapar dan godaan haus yang semakin menjadi jadi.  Dari pagi ngomong terus…..

6Untunglah, anak-anak yang hadir tiba tiba menjelma menjadi baik.  Padahal saya tahu mereka adalah anak-anak yang kritis, tidak mau diam dan siap memeprdebatkan sesuatu berjam-jam untuk menemukan solusi.  Tapi kali ini debatnya tidak lama-lama dan semua seolah-olah menemukan pemahaman yang sama dalam setiap persoalan yang kami bicarakan.  Sesekali saya selingi dengan games agar mereka tidak  menguap lalu jatuh tertidur.

Langkah demi langkah kami lalui, agenda demi agenda di tuntaskan dan puncak segala pengorbanan tersebut, mereka anak-anak Padang berhasil memilih dan menetapkan sendiri pengurus FORUM ANAK KOTA PADANG serta menetapkan rencana aksi tahun 2010.  Brilian, luar biasa, tak disangka, rencana aksi  yang mereka hasilkan sangat realistis dan tepat sasaran.  Dalam hati saya berkata..”andai saja anggota dewan atau pemerintah kita seperti mereka” tentu banyak agenda pembangunan yang bisa diselesaikan ketimbang berdebat dipanggung sandiwara politik.

7Pukul 15.00 WIB, kegiatan kami tutup.  Kami berfoto, bersalaman lalu pulang.  Sebagian anak di jemput oleh orang tua mereka.  Selamat datang teman-teman muda baru.  Semangat kalian adalah langkag bagi sebuah perubahan.

Jangan lupa teman-teman, kita telah menyepakati bahwa nilai yang akan kita bawa dalam setiap gerak aktifitas Forum Anak kedepan adalah semnagat PERUBAHAN.  Lakukan perubahan jika ingin melihat kemajuan.

Iklan

21 thoughts on “…akhirnya…

  1. memang… acara kemaren keren. cuma ada yang salah, ga ada makan siang nya…. hahaha
    satu lagi kekurangan postingan ini… ga ada fotoku di dalamnya…. hehehehe

  2. @ racheedus : heheh malah bukan saya yang berhasil melobby pak, tapi anak-anak itu.

    @ uda vizon : trims uda, anak anak bersemangat, masa kita orang dewasa ngak semangat, ya gak…

    @ morishige : yup setuju bro

    @ aurora : wahhhh gak dapat makan siang ya…kasian, yang lain dapat tuh..sengaja foto dirimu gak di muat wkwkwkwkwkw

  3. sebuah aktivitas yang mulai dan sangat besar manfaatnya, mas imoe. mengakrabi dunia anak agaknya akan menjadi keasyikan sekaligus keunikan tersendiri, apalagi ketika ruang publik utk anak2 belakangan ini sdh mulai tergerus oleh kahadiran fasilitas konusmutif oleh kaum pemilik modal. salut atas aktivitasnya, maa imoe. lanjutkan, hehe …

  4. Hm, mantebs negh… usaha yang keras dan niat yang mantabs untuk mewujudkan segala sesuatu pasti ada jalannya… Sukses teruuus. jadikan bangsa ini menjadi bangsa yang mandiri dan bangsa yang disegani dunia… dan bangunlah karakter anak bangsa untuk menjadikan itu semua. Dari sekarang!!! 🙂

    Sukses terus!!!

  5. suhadinet

    Sukses selalu buat anak-anak sumatera barat dan anak-anak Indonesia, sukses buat Imoe… (plok-plok… *tepuk tangan*)

    Moe, makasih untuk tulisannya sebelumnya 😉
    Saya jadi tergugah nulisin blog lagi…

  6. alhamdulillah, akhirnya mimpi kita buat mewujudukan Forum Anak di kota sendiri berhasil. Meskipun saya nggak terlibat langsung bang, tapi spiritnya sampai ke sini. Hhee. kemarin Iman diajak buat pembentukan sekretariat forum anak nasional (cuma, ngasih taunya dadakan banget. ada kuliah umum yg nggak mungkin ditinggalkan). Semoga lain kali bisa membantu proses advokasi di pusat

    btw, siapa ketua forda padang bang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s