…anak-anak melakukan analisis swot…

Standar

Siapa bilang analisis SWOT milik orang dewasa hehehehe (ngak kata siapa-siapa kok). Memang sih, rasanya agak berat jika kelompok anak-anak yang melakukannya. Tapi setidaknya, kalo kita paham bahwa sebuah konsep dibangun dengan cara berfikir yang paling sederhana, maka ketakutan sesuatu tidak akan mampu dipahami seseorang, akan hilang.

Nah, inilah yang kami lakukan bersama 50 orang anak dari seluruh Sumatera Barat. Anak-anak ini adalah para pengurus Forum Anak di daerah masing-masing. Mereka dikumpulkan di Bukittinggi, 24-26 September 2010 bertempat di Hotel Gran Sari Panorama.

Kami memang menginginkan adanya semacam telaah kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman keberadaan organisasi Forum Anak. Saat ini Forum Anak telah menjadi sebuah hal baru yang menarik untuk dikembangkan, karena Forum Anak perlahan telah menjadi wadah bagi penyampaian aspirasi anak di daerah masing-masing.

Analisis SWOT lah yang kami pilih untuk itu. Berdebat hampir seminggu dengan para fasilitator, antara iya atau tidak. Akhirnya diputuskan iya. Awalnya memang agak berat anak-anak memahami apa itu analisis SWOT. Tapi begitu diminta anak-anak mencobakan membuat analisisi terhadap diri sendiri dengan studi kasus jomblowan dan jomblowati…akhirnya mereka lancar melakukan analisis untuk studi kasus organisasi.

Hahahaha, memang benar, sebuah teori setinggi apapun awalnya pasti dibuat dengan cara fikir yang paling sederhana. Dan setiap orang pasti mampu memahaminya, tergantung bagaimana menyederhanakan konteksnya.

Iklan

2 thoughts on “…anak-anak melakukan analisis swot…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s