…kacamata dua…

Standar

Bagi orang yang berkacamata minus seperti saya, jika berpergian maka barang wajib nomor dua yang harus dibawa lebih dari satu adalah kacamata, setelah ban mobil (itupun kalo pake mobil dong).  Hal ini baru benar benar saya rasakan manakala kejadian beberapa waktu yang lalu.

Entah kenapa sebelum berangkat ke luar kota, adik saya sempat tanya..

“Kacamata yang satu lagi mana bang ?’

“Ada tuh, bawa satu aja, ntar kalau bawa dua malah repot..” iseng santai saja menjawab.

Mungkin karena si adik tidak begitu antusias sosl kacamata atau hanya sekedar tanya, jadilah kami berangkat ke luar kota dengan bermodal satu kacamata.  Sttt tentunya juga modal uang dan tiket.

Hari pertama dan kedua , tidak terjadi hal yang mengkuatirkan dengan kacamata saya.  Memasuki hari yang kedua setengah, tragedi itupun terjadi.  REntah karena keasyikan, atau tidak peduli, atau terlalu cuek.  Terjadilah sesuatu yang membuat saya sangat kuatir.  Malam itu saya dan adik nonton Harry Potter di XXI Botani Square Bogor.  Syukur alhamdulilah, tidak lagi antri bejibun kayak beberapa waktu belakangan.  Tak perlu lama lama antri walaupun boleh dikata tidak juga sepi.

Kamipun masuk studio, lalu menempati set yang telah dipilih.  Filmpun di mulai.  Sedang asyik film diputar, saya kemudian membuka tutup botol minuman dan lalu muncratlah ke kacamata saya.  Tanpa sadar, saya ambil ujung baju yang saya pakai untuk membersihkan kacamata.  Reflek saja dan terburu buru.  Maklum saja, adegan sedang seru serunya.

Nah, waktu membersikan itulah, tanpa sengaja saya mengasari benda yang seharusnya disetuh dengan lembut itu.  Alhasil frame tempat dimana lensa bercokol copot.  Sepertinya lepas dari sambungan.  Tinggallah sisi ujung sebelah kiri lensa yang masih tersisa, sebagai tempat bergantung lensa.  Wah…saya kaget, takut kalau kalau akhirnya lepas beneran.  Maka dengan hati hati saya pakai kembali kacamata dan membiarkan menggantung seperti apa adanya hingga film selesai.  Alhamdulilah, saya bisa menyelesaikan film.  Kalau tidak, jadilah saya nonton dengan mata yang sedikit memicing.  Tuhan  masih memberikan saya kesempatan menyelesaikan Harry Potter.

Daam perjalanan pulang saya berinisiatif mencari supermarket.  Keinginan hati mencari sejenis lem yang barangkali bisa digunakan untuk menggembalikan posisi lensa seperti semula.  Tapi tak ketemu karena sudah malam.  Keesokan harinya saya berhasil menemukan lem.  Tapi setelah dicoba, tetap saja tidak bisa nempel.  Dengan pasrah saya terima keadaan itu.  Dengan selembut mungkin saya perlakukan kacamata saya, hingga akhirnya kembali ke tenah kelahiran.  Hufttt benar benar bikin kuatir juga.

Sesampai di rumah, saya langsung bongkar lemari menemukan 3 buah kacamata lain sebagai cadangan.  Saat itu barulah saya sadar.  Kacamata bagi saya adalah benda yang harus dibawa cadangannya jika berpergian.  Kalau tidak…sungguh menyebalkan…

7 thoughts on “…kacamata dua…

  1. kacamata plus juga bang, ha..ha.. semakin tambah umur semakin pelupa, padahal tak bisa sebentar saja lepas dari bacaan,
    maka di tas ada 2, di kantor ada, di rumah juga ada,
    ha..ha.. jadi pengen cerita juga soal ketinggalan kacamata, trims

  2. Aku sebenarnya bermata minus. Tapi belakangan males banget pakai kacamata. Minusnya nggak banyak2 amat sih, jadi masih oke walaupun nggak pakai. Tapi kalau yg minusnya lumayan, sepertinya memang perlu bawa kacamata dobel. Kalau rusak tiba2, jadi nggak kelabakan ke toko kacamata. 🙂

  3. Memang sulit kok kalau tergantung kacamata…jika bepergian jauh saya juga selalu punya cadangan kacamata..maklum nggak bisa lihat jauh.

    Yang parah suami, kacamata hilang melulu….terpaksa sedia kacamata cadangan yang murah meriah.

  4. susilawati

    pak, saya jga pnya tmn yang pke kca mata tpi tdak hrus mambawa kca mta lbh dri stu… mnurut bpak apakah hrus dbwa lbh dri 1 jka hndk pergi jauh………?????

Tinggalkan Balasan

