…Butuh Kesabaran Ekstra…

Standar

Siang tadi saya di temui salah seorang teman yang juga sehari-hari membantu menangani korban tindak kekerasan terhadap anak. Sebut saja SUSI. Terpaksa kerjaan yg sedang menunggu saya hentikan, saya harus meladeni para relawan ini dengan baik, karena sudah mau bekerja tanpa imbalan.

Dia membawa seorang anak. Siapa lagi kalau bukan MIKI (sebut saja begitu namanya). Sambil tersenyum saya sapa miki. Dia balas tersenyum, lalu menyalami saya.

Bu SUsi curhat. Bahwa Miki sejak hari ini dikebalikan pihak panti lagi, karena pihak panti tidak sanggup mengasuh Miki lagi. Saya lalu ingat sejak setahun lalu merekomendasikan Miki ke panti di Padang karena memang telah menjadi korban tindak kekerasan oleh Ibu Kandungnya. Miki di pukuli, tidak disekolahkan, disuruh dagang gorengan dan kalau dagangan tidak habis, kena siksa. Kami terpaksa ambil Miki pada waktu itu, karena Ibunya sudah tidak peduli dengan dia.

Setahun berselang, sejak di tempatkan di Panti, tiba-tiba Miki di pulangkan. Ikut juga pengasuh panti mengantar pulang kembali ke Ibu Susi.

Versi Ibu Panti :
” Saya sudah ampun pak mengasuh Miki, tidak sanggup lagi. Sebetulnya saya sayang sama Miki, tapi karena perangai jeleknya itu, saya gak kuat. Palagi saya hanya beberapa orang saja yang jadi pengasuh di Panti itu ” Ibu panti mengasih prolog panjang soal perangai Miki. Sudah nyerocos panjang tapi tak satupun kesalahan Miki disebut. Hingga akhirnya…

“Dia sering pulang telat, main bola sampai magrib. Berani mulai mencuri, dan terakhir mulai ngintip kakak pantinya mandi, jadi kami tidak tahan lagi…”

Karena saya tidak suka ibu itu membeberkan kesalahan Miki di depan org banyak, saya lalu potong ucapan dia.

“Iya bu, kami beterima kasih atas usaha ibu selama satu tahu. Saya yakin Miki mulai menunjukan perubahan, waalupun masih ada kekurangan yang kita lihat. Tapi paling tidak Miki sekarang Beda dengan Miki setahun lalu. Kalau ibu tidak sanggup lagi, tidak apa-apa, kami akan cari alternatif lain. Saya yakins ekali Miki akan berubah jauh lebih baik, karena setiap orang ber proses”

Si Ibu lalu diam dan mulai ngeles….

“Kalau nanti Miki mau balik lagi ke panti kami, silahkan, tapi mohon di perbaiki perilakunya dulu…”

Saya makin bosan denger curhatan Ibu itu…

“Iya bu gak papa, mudah-mudahn segera. Ngurus anak memang butuh kesabaran ekstra bu, ngurus anak sendiri aja susah, apalagi anak org lain….”.

SELESAI…lalu ibu itu pergi, tinggalkan Miki. Sore itu juga Bu Susi Mengantar Miki Ke sebuah pesantren. Semoga Miki Jadi lebih baik…

