…Gempa Datang Lagi…

Standar

Menjelang shalat Ashar di bulan April 2012, bumi bergoncang lagi.  Sumbernya Simeulue Aceh, kekuatan dahsyat 8,3 SR.  Gempa sebesar itu sampai juga ke Pariaman.  Kala itu saya sedang duduk santai membaca artikel dari beberapa situs menarik yang tersedia.  Sedang menunggu azhan.

“Gempa Mu…” Begitu bos saya berteriak gecil.  Maklum, saat itu hanya saya dan beberapa ibi-ibu saja yang ada di Kantor.

“Iya bu, tapi gak kuat…”

Belum sempat saya selesai menjelaskan, Ibu bos telah sampai di luar gedung.  Maklum, saya berada di lantai dasar bangunan kantor dari dua lantai yang tersedia.  Lantai diatasnya belum di isi apa-apa, maklum masih dalam perbaikan (akibat gempa 2009 lalu).

Akhirnya saya juga keluar gedung.  Tunggu sebentar dan kemusian memutusakan untuk segera berkemas.  Apalgi goyangan masih terasa sampai 5 menit kedepannya.  Saya melihat teman teman dari kantor lain sudah berhampuran dengan sepeda motor atau mobil.  Ada juga yang setengah berlari menuju arah yang lebih aman.

Saya lalu masuk ke dalam kantor.  Salah seorang rekan kerja yang bertugas dibagian kebersihan ketakutan.  Maklum, dia adalah org yang bertanggung jawab menutup kantor dan membersihkan.  Biasanya hal itu dilakukannya setelah semua pegawai pulang.  Dengan sedikit menagis, dia memohon bantuan..

“Bang…gimana niy, jenedal belum di tutup, computer belum mati semua…”

“Yahh, sudah mari bang bantuinnn, apa yang mesti dilakukan, tolong perintahkan ya…?”

Lalu, sang teman kemudian memerintah kan saya, ini dan itu, sampai akhirnya 15 menit yang cepat sekali untuk membersihkan kantor.  Dia sedikit lega.

“Makasih ya bang…”

“Iya, sama-sam.  Bang pulang dulu ya…”

“Eh, iya bang, numpang ya sampai perempatan jalan di depan…”

“Ok…..”

Lalu telepon dari istri tercinta masuk…

“Uda, cepat pulang ya, di tunggu dirumah…”

“Iya, sebentar ya…”

Sebelum sampai di rumah, saya singgah ke POM Bensin.  Wah….luar biasa macet, semua pada isi BBM kendaraan.  Tapi salut buat warga Pariaman.  Ternyata tidak sepanik yang dibayangkan.  Nyaris tidak ada rebut-ribut, semua warga dengan tertb mengevakuasi diri ke daerah aman, karena ada seruan waspada tsunami dari BMKG.

Sampai di rumah, HP saya tak henti-henti menerima SMS masuk ataupun pangilan masuk.  Semua menanyakan kabar.  Dan semua lega begitu saya jelaskan bahwa Pariaman, kota dimana saya tinggal masih dalam keadaan terkendali.

Semoga tuhan melindungi kita semua. Amin…

One thought on “…Gempa Datang Lagi…

Tinggalkan Balasan

